Bacaan Alkitab
1 Korintus 12:12-31

12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus.
13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh.
14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota.
15 Andaikata kaki berkata: “Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?
16 Dan andaikata telinga berkata: “Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh?
17 Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman?
18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.
19 Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh?
20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh.
21 Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: “Aku tidak membutuhkan engkau.” Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: “Aku tidak membutuhkan engkau.”
22 Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan.
23 Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus.
24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus,
25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan.
26 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita.
27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya.
28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh.
29 Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat,
30 atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh?
31 Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.


Renungan GEMA
Karunia Menolong

Rasul Paulus—dalam bacaan Alkitab hari ini—menjelaskan lebih jauh tentang karunia-karunia Roh. Gereja digambarkan sebagai satu tubuh dengan banyak anggota. Setiap anggota gereja merupakan anggota tubuh yang memiliki fungsi dan peranan khusus. Tidak ada anggota tubuh yang lebih penting atau yang kurang penting. Berdasarkan kreativitas Allah, setiap anggota tubuh diciptakan berbeda-beda dalam keadaan saling bergantung dan saling membutuhkan. Anggota tubuh yang kelihatan mulia seperti kepala tidak boleh membanggakan diri karena ia menjadi kepala berdasarkan anugerah Allah, bukan karena usahanya sendiri. Anggota tubuh yang “kelihatan rendah” seperti kaki pun tidak perlu malu karena kaki menjalankan fungsi yang sangat diperlukan oleh seluruh anggota tubuh. Anggota tubuh yang terlihat lemah seperti jantung dan otak justru merupakan anggota tubuh yang paling dibutuhkan sehingga harus selalu dilindungi oleh anggota tubuh yang lain (12:19-22). Anggota tubuh yang cacat adalah anggota tubuh yang seharusnya ditutupi (dilindungi) agar tidak terlihat (12:23-25). Sebagai anggota tubuh Kristus, seluruh anggota jemaat harus bersikap saling memperhatikan dan saling melindungi , bukan saling bersaing dan saling menjatuhkan.

Allah memberikan karunia-karunia Roh dan jabatan-jabatan dalam gereja agar setiap orang percaya bisa melayani dengan baik sesuai dengan kebutuhan jemaat setempat (12:27-30). Salah satu karunia yang disebutkan dalam bacaan Alkitab hari ini adalah karunia untuk melayani (12:28). Dalam Alkitab Bahasa Indonesia sehari-hari, karunia ini disebut sebagai karunia menolong orang lain atau bisa kita sebut sebagai karunia membantu. Walaupun kelihatan sepele, karunia membantu sangat diperlukan dalam kehidupan bergereja. Orang-orang yang memiliki karunia membantu biasanya merupakan orang-orang yang sigap, peka, rajin, bersemangat, dan dapat diandalkan. Tanpa selalu disadari, mereka telah membantu para pemimpin gereja, sehingga berbagai pelayanan dalam skala besar berhasil dilaksanakan dengan hasil yang baik. Orang-orang seperti itu biasanya tidak menuntut penghargaan dan telah sangat puas bila dapat membantu dari balik layar. Hal-hal sepele yang mereka lakukan (yang tak selalu diperhatikan) telah menjadi berkat bagi jemaat. Gereja harus memperhatikan dan menghargai orang-orang seperti itu! [GI Wirawaty Yaputri]