Bacaan Alkitab
Ulangan 28:1-46

1  “Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.
2  Segala berkat ini akan datang kepadamu dan menjadi bagianmu, jika engkau mendengarkan suara TUHAN, Allahmu:
3  Diberkatilah engkau di kota dan diberkatilah engkau di ladang.
4  Diberkatilah buah kandunganmu, hasil bumimu dan hasil ternakmu, yakni anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu.
5  Diberkatilah bakulmu dan tempat adonanmu.
6  Diberkatilah engkau pada waktu masuk dan diberkatilah engkau pada waktu keluar.
7  TUHAN akan membiarkan musuhmu yang maju berperang melawan engkau, terpukul kalah olehmu. Bersatu jalan mereka akan menyerangi engkau, tetapi bertujuh jalan mereka akan lari dari depanmu.
8  TUHAN akan memerintahkan berkat ke atasmu di dalam lumbungmu dan di dalam segala usahamu; Ia akan memberkati engkau di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu.
9  TUHAN akan menetapkan engkau sebagai umat-Nya yang kudus, seperti yang dijanjikan-Nya dengan sumpah kepadamu, jika engkau berpegang pada perintah TUHAN, Allahmu, dan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya.
10  Maka segala bangsa di bumi akan melihat, bahwa nama TUHAN telah disebut atasmu, dan mereka akan takut kepadamu.
11  Juga TUHAN akan melimpahi engkau dengan kebaikan dalam buah kandunganmu, dalam hasil ternakmu dan dalam hasil bumimu–di tanah yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu untuk memberikannya kepadamu.
12  TUHAN akan membuka bagimu perbendaharaan-Nya yang melimpah, yakni langit, untuk memberi hujan bagi tanahmu pada masanya dan memberkati segala pekerjaanmu, sehingga engkau memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak meminta pinjaman.
13  TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia,
14  dan apabila engkau tidak menyimpang ke kanan atau ke kiri dari segala perintah yang kuberikan kepadamu pada hari ini, dengan mengikuti allah lain dan beribadah kepadanya.”
15  “Tetapi jika engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan tidak melakukan dengan setia segala perintah dan ketetapan-Nya, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka segala kutuk ini akan datang kepadamu dan mencapai engkau:
16  Terkutuklah engkau di kota dan terkutuklah engkau di ladang.
17  Terkutuklah bakulmu dan tempat adonanmu.
18  Terkutuklah buah kandunganmu, hasil bumimu, anak lembu sapimu dan kandungan kambing dombamu.
19  Terkutuklah engkau pada waktu masuk dan terkutuklah engkau pada waktu keluar.
20  TUHAN akan mendatangkan kutuk, huru-hara dan penghajaran ke antaramu dalam segala usaha yang kaukerjakan, sampai engkau punah dan binasa dengan segera karena jahat perbuatanmu, sebab engkau telah meninggalkan Aku.
21  TUHAN akan melekatkan penyakit sampar kepadamu, sampai dihabiskannya engkau dari tanah, ke mana engkau pergi untuk mendudukinya.
22  TUHAN akan menghajar engkau dengan batuk kering, demam, demam kepialu, sakit radang, kekeringan, hama dan penyakit gandum; semuanya itu akan memburu engkau sampai engkau binasa.
23  Juga langit yang di atas kepalamu akan menjadi tembaga dan tanah yang di bawahpun menjadi besi.
24  TUHAN akan menurunkan hujan abu dan debu ke atas negerimu; dari langit akan turun semuanya itu ke atasmu, sampai engkau punah.
25  TUHAN akan membiarkan engkau terpukul kalah oleh musuhmu. Bersatu jalan engkau akan keluar menyerang mereka, tetapi bertujuh jalan engkau akan lari dari depan mereka, sehingga engkau menjadi kengerian bagi segala kerajaan di bumi.
26  Mayatmu akan menjadi makanan segala burung di udara serta binatang-binatang di bumi, dengan tidak ada yang mengganggunya.
27  TUHAN akan menghajar engkau dengan barah Mesir, dengan borok, dengan kedal dan kudis, yang dari padanya engkau tidak dapat sembuh.
28  TUHAN akan menghajar engkau dengan kegilaan, kebutaan dan kehilangan akal,
29  sehingga engkau meraba-raba pada waktu tengah hari, seperti seorang buta meraba-raba di dalam gelap; perjalananmu tidak akan beruntung, tetapi engkau selalu diperas dan dirampasi, dengan tidak ada seorang yang datang menolong.
30  Engkau akan bertunangan dengan seorang perempuan, tetapi orang lain akan menidurinya. Engkau akan mendirikan rumah, tetapi tidak akan mendiaminya. Engkau akan membuat kebun anggur, tetapi tidak akan mengecap hasilnya.
31  Lembumu akan disembelih orang di depan matamu, tetapi engkau tidak akan memakan dagingnya. Keledaimu akan dirampas dari depanmu, dan tidak akan dikembalikan kepadamu. Kambing dombamu akan diberikan kepada musuhmu dengan tidak ada orang yang datang menolong engkau.
32  Anak-anakmu lelaki dan anak-anakmu perempuan akan diserahkan kepada bangsa lain, sedang engkau melihatnya dengan matamu sendiri, dan sehari-harian engkau rindu kepada mereka, dengan tidak dapat berbuat apa-apa.
33  Suatu bangsa yang tidak kaukenal akan memakan hasil bumimu dan segala hasil jerih payahmu; engkau akan selalu ditindas dan diinjak.
34  Engkau akan menjadi gila karena apa yang dilihat matamu.
35  TUHAN akan menghajar engkau dengan barah jahat, yang dari padanya engkau tidak dapat sembuh, pada lutut dan pahamu, bahkan dari telapak kakimu sampai kepada batu kepalamu.
36  TUHAN akan membawa engkau dengan raja yang kauangkat atasmu itu kepada suatu bangsa yang tidak dikenal olehmu ataupun oleh nenek moyangmu; di sanalah engkau akan beribadah kepada allah lain, kepada kayu dan batu.
37  Engkau akan menjadi kedahsyatan, kiasan dan sindiran di antara segala bangsa, ke mana TUHAN akan menyingkirkan engkau.
38  Banyak benih yang akan kaubawa ke ladang, tetapi sedikit hasil yang akan kaukumpulkan, sebab belalang akan menghabiskannya.
39  Kebun-kebun anggur akan kaubuat dan kauusahakan, tetapi engkau tidak akan meminum atau menyimpan anggur, sebab ulat akan memakannya.
40  Pohon-pohon zaitun akan kaupunyai di seluruh daerahmu, tetapi engkau tidak akan berurap dengan minyaknya; sebab buah zaitunmu akan gugur.
41  Engkau akan mendapat anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan, tetapi mereka bukan bagi dirimu, sebab mereka akan menjadi tawanan.
42  Segala pohon-pohonmu dan hasil bumimu akan diduduki oleh kawanan belalang.
43  Orang asing yang ada di tengah-tengahmu akan menjadi makin tinggi mengatasi engkau, tetapi engkau menjadi makin rendah.
44  Ia akan memberi pinjaman kepadamu, tetapi engkau tidak akan memberi pinjaman kepadanya; ia akan menjadi kepala, tetapi engkau akan menjadi ekor.
45  Segala kutuk itu akan datang ke atasmu, memburu engkau dan mencapai engkau, sampai engkau punah, karena engkau tidak mendengarkan suara TUHAN, Allahmu dan tidak berpegang pada perintah dan ketetapan yang diperintahkan-Nya kepadamu;
46  semuanya itu akan menjadi tanda dan mujizat di antaramu dan di antara keturunanmu untuk selamanya.”


Renungan GEMA
Menjadi Berkat

Formulasi yang sangat lazim dipakai oleh masyarakat di daerah Timur Dekat Kuno untuk membuat suatu perjanjian adalah formulasi berkat dan kutuk. Menurut seorang ahli sejarah, berkat dan kutuk diucapkan sebagai tanda pengesahan sebuah perjanjian. Adanya pengesahan ini menunjukkan bahwa perjanjian yang dibuat bersifat serius dan memiliki konsekuensi yang tidak boleh diremehkan. Setiap orang atau setiap pihak yang mengikat perjanjian harus sungguh-sungguh memperhatikan perjanjian itu agar tidak terjadi pengingkaran terhadap perjanjian yang dapat mendatangkan kutuk dalam kehidupan si pelanggar.

Hal ini tidak berarti bahwa perjanjian antara orang Israel dengan Allah sama derajatnya dengan perjanjian yang dibuat oleh orang-orang pada zaman itu. Formulasi perjanjian dibuat mirip agar mudah diterima oleh orang Israel. Namun, terdapat perbedaan besar di antara perjanjian yang lazim dibuat di daerah Timur Dekat Kuno dengan perjanjian yang Allah ikat dengan orang Israel. Perjanjian di Timur Dekat Kuno biasanya dibuat karena kebutuhan kedua belah pihak. Kedua pihak yang mengikat perjanjian sama-sama mendapat keuntungan. Namun, perjanjian Allah dengan orang Israel dimulai oleh anugerah dan belas kasih Allah kepada orang Israel. Allah ingin orang Israel menjadi milik kepunyaan-Nya yang Ia kasihi. Yang paling penting adalah bahwa tujuan Allah membuat perjanjian dengan orang Israel adalah agar orang Israel menjadi berkat bagi semua bangsa di bumi. Allah ingin agar melalui orang Israel, nama-Nya dikenal dan semua bangsa dapat sujud menyembah kepada-Nya kelak (bandingkan dengan 28:10). Orang Israel menjadi contoh bagi bangsa-bangsa lain dengan terlebih dahulu menjadi umat kepunyaan Allah yang kudus, yang taat kepada-Nya (28:9).

Allah menyampaikan berkat dan kutuk bukan karena Ia kejam, tetapi karena setiap perjanjian memiliki konsekuensi yang mengikat. Dalam renungan hari ini, janganlah kita berfokus pada kutuk, melainkan kita harus berfokus pada tujuan perjanjian Allah dengan Israel, yaitu agar bangsa-bangsa lain mengenal Dia. Iman kita kepada Kristus sudah memutus semua kutuk yang ada di dalam hidup kita. Kita adalah orang terkutuk karena melakukan dosa dan kejahatan, namun anugerah Allah di dalam Yesus Kristus mengubah hidup kita sehingga hidup kita diberkati. Beritakanlah Yesus Kristus kepada orang lain! [GI Wirawaty Yaputri]