Bacaan Alkitab
Yosua 12

1  Inilah raja-raja negeri yang dikalahkan oleh orang Israel dan yang negerinya diduduki mereka di seberang Yordan ke arah matahari terbit, dari sungai Arnon sampai gunung Hermon, serta seluruh Araba-Yordan ke arah timur:
2  yakni Sihon, raja orang Amori, yang diam di Hesybon, yang memerintah atas suatu daerah dari Aroer, yang letaknya di tepi sungai Arnon, pada pertengahan sungai itu, ditambah setengah Gilead, sampai sungai Yabok, batas daerah bani Amon,
3  dan atas Araba-Yordan sampai sebelah timur danau Kinerot dan sampai sebelah timur Laut Araba, yakni Laut Asin, ke arah Bet-Yesimot dan ke arah selatan sampai kaki lereng-lereng gunung Pisga.
4  Selanjutnya daerah Og, raja Basan, seorang dari sisa-sisa orang Refaim. Raja ini diam di Asytarot dan di Edrei,
5  dan memerintah atas gunung Hermon, atas Salkha dan atas seluruh Basan sampai daerah orang Gesur dan orang Maakha dan atas setengah Gilead, sampai daerah Sihon, raja Hesybon.
6  Musa, hamba TUHAN itu, beserta orang Israel, telah mengalahkan mereka, dan Musa, hamba TUHAN itu, telah memberikan daerah itu kepada orang Ruben, orang Gad dan suku Manasye yang setengah itu, menjadi milik mereka.
7  Inilah raja negeri yang dikalahkan oleh Yosua dan oleh orang Israel di sebelah barat sungai Yordan, dari Baal-Gad di lembah gunung Libanon sampai Pegunungan Gundul, yang mendaki ke arah Seir–negeri ini diberikan Yosua kepada suku-suku Israel menjadi miliknya, menurut pembagiannya,
8  di Pegunungan, di Daerah Bukit, di Araba-Yordan, di Lereng Gunung, di Padang Gurun dan di Tanah Negeb, yakni di negeri orang Het, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus–:
9  Raja negeri Yerikho, satu; raja negeri Ai, di sebelah Betel, satu;
10  raja negeri Yerusalem, satu; raja negeri Hebron, satu;
11  raja negeri Yarmut, satu; raja negeri Lakhis, satu;
12  raja negeri Eglon, satu; raja negeri Gezer, satu;
13  raja negeri Debir, satu; raja negeri Geder, satu;
14  raja negeri Horma, satu; raja negeri Arad, satu;
15  raja negeri Libna, satu; raja negeri Adulam, satu;
16  raja negeri Makeda, satu; raja negeri Betel, satu;
17  raja negeri Tapuah, satu; raja negeri Hefer, satu;
18  raja negeri Afek, satu; raja negeri Lasaron, satu;
19  raja negeri Madon, satu; raja negeri Hazor, satu;
20  raja negeri Simron Meron, satu; raja negeri Akhsaf, satu;
21  raja negeri Taanakh, satu; raja negeri Megido, satu;
22  raja negeri Kedesh, satu; raja negeri Yokneam di dekat gunung Karmel, satu;
23  raja negeri Dor di tanah bukit Dor, satu; raja negeri Goyim di Galilea, satu;
24  raja negeri Tirza, satu; jadi jumlah semua raja itu, tiga puluh satu orang.

Yosua 13

1  Setelah Yosua menjadi tua dan lanjut umurnya, berfirmanlah TUHAN kepadanya: “Engkau telah tua dan lanjut umur, dan dari negeri ini masih amat banyak yang belum diduduki.
2  Inilah negeri yang tertinggal: segenap wilayah orang Filistin dan seluruh negeri orang Gesur,
3  mulai dari sungai Sikhor di sebelah timur Mesir sampai ke daerah Ekron ke arah utara–semuanya itu terhitung tanah orang Kanaan–;ada lima raja kota orang Filistin, yakni di Gaza, di Asdod, di Askelon, di Gat dan di Ekron–;dan orang Awi
4  di sebelah selatan; seluruh negeri orang Kanaan dan Meara, kepunyaan orang Sidon, sampai ke Afek, sampai ke daerah orang Amori;
5  selanjutnya negeri orang Gebal dan seluruh gunung Libanon di sebelah matahari terbit, mulai dari Baal-Gad di kaki gunung Hermon sampai ke jalan yang menuju ke Hamat;
6  semua orang yang diam di pegunungan, mulai dari gunung Libanon sampai ke Misrefot-Maim; semua orang Sidon. Aku sendiri akan menghalau mereka dari depan orang Israel; hanya undikanlah dahulu negeri itu di antara orang Israel menjadi milik pusaka mereka, seperti yang Kuperintahkan kepadamu.
7  Oleh sebab itu, bagikanlah negeri ini kepada suku yang sembilan itu dan kepada suku Manasye yang setengah itu menjadi milik pusaka mereka.”
8  Bersama-sama dengan suku Manasye yang setengah lagi, orang Ruben dan orang Gad telah menerima milik pusaka mereka, yang telah diberikan Musa kepada mereka di sebelah timur sungai Yordan, seperti yang ditentukan Musa, hamba TUHAN itu, kepada mereka,
9  yakni mulai dari Aroer, yang di tepi sungai Arnon, kota pada pertengahan sungai itu, dan seluruh dataran tinggi, dari Medeba sampai ke Dibon;
10  dan segala kota Sihon, raja orang Amori, yang berkerajaan di Hesybon, sampai ke daerah orang Amon;
11  selanjutnya Gilead dan daerah orang Gesur dan orang Maakha, serta seluruh gunung Hermon dan seluruh tanah Basan sampai ke Salkha,
12  seluruh kerajaan Og di Basan, yang memerintah di Asytarot dan Edrei, dialah yang tinggal hidup dari sisa-sisa orang Refaim yang telah dikalahkan dan dihalau oleh Musa.
13  Tetapi orang Israel tidak menghalau orang Gesur dan orang Maakha itu, sehingga Gesur dan Maakha masih tetap diam di tengah-tengah Israel sampai sekarang.
14  Hanya kepada suku Lewi tidak diberikan milik pusaka: yang menjadi milik pusakanya ialah TUHAN, Allah Israel, seperti yang dijanjikan-Nya kepada mereka.
15  Kepada suku bani Ruben, menurut kaum-kaum mereka, telah diberikan Musa bagian ini:
16  daerah kepunyaan mereka mulai dari Aroer yang di tepi sungai Arnon, kota pada pertengahan sungai itu, dan seluruh dataran tinggi dekat Medeba;
17  Hesybon dan segala kotanya, yang di dataran tinggi, yakni Dibon, Bamot-Baal, Bet-Baal-Meon,
18  Yahas, Kedemot, Mefaat,
19  Kiryataim, Sibma, Zeret-Hasahar di atas gunung di lembah itu,
20  Bet-Peor, lereng-lereng gunung Pisga, Bet-Yesimot,
21  selanjutnya segala kota di dataran tinggi itu dan seluruh kerajaan Sihon, raja orang Amori, yang memerintah di Hesybon, yang dikalahkan oleh Musa; bersama-sama dia juga dikalahkannya raja-raja Midian, yakni Ewi, Rekem, Zur, Hur dan Reba, raja-raja bawahan Sihon, penduduk negeri itu.
22  Juga Bileam bin Beor, juru tenung itu, telah dibunuh oleh orang Israel dengan pedang, beserta orang-orang yang telah mati tertikam oleh mereka.
23  Jadi batas daerah bani Ruben ialah sungai Yordan dengan daerah pinggirnya. Itulah milik pusaka bani Ruben menurut kaum-kaum mereka, yakni kota-kota dengan desa-desanya.
24  Kepada suku Gad, yakni kepada bani Gad menurut kaum-kaum mereka, telah diberikan Musa bagian ini:
25  daerah kepunyaan mereka ialah Yaezer dan segala kota negeri Gilead, serta setengah negeri orang Amon sampai ke Aroer, yang di sebelah timur Raba,
26  yakni mulai dari Hesybon sampai ke Ramat-Mizpa dan Betonim, dan dari Mahanaim sampai ke daerah Debir;
27  dan di lembah: Bet-Haram, Bet-Nimra, Sukot dan Zafon, sisa kerajaan Sihon, raja Hesybon; sungai Yordan dengan daerah pinggirnya, sampai ke ujung danau Kineret, di sebelah timur sungai Yordan.
28  Itulah milik pusaka bani Gad menurut kaum-kaum mereka, yakni kota-kota dengan desa-desanya.
29  Kepada suku Manasye yang setengah itu, yakni kepada puak bani Manasye yang setengah itu, menurut kaum-kaum mereka, telah diberikan Musa bagian ini:
30  daerah mereka mulai dari Mahanaim: seluruh Basan, seluruh kerajaan Og, raja Basan, dan segenap Hawot-Yair, yang di Basan itu, enam puluh kota banyaknya;
31  selanjutnya setengah Gilead, Asytarot dan Edrei, kota-kota kerajaan Og di Basan, menjadi bagian bani Makhir, anak Manasye, yaitu bagian setengah bani Makhir menurut kaum-kaum mereka.
32  Itulah semuanya yang dibagikan Musa sebagai milik pusaka di dataran Moab di sebelah timur sungai Yordan dekat Yerikho.
33  Tetapi kepada suku Lewi Musa tidak memberikan milik pusaka: TUHAN, Allah Israel, Dialah yang menjadi milik pusaka mereka, seperti yang dijanjikan-Nya kepada mereka.


Renungan GEMA
Tanah Perjanjian

Bangsa Israel telah berhasil menaklukkan dua orang raja (Sihon dan Og) di sebelah Timur sungai Yordan pada zaman Musa, serta telah menaklukkan tiga puluh satu raja di sebelah Barat sungai Yordan di bawah kepemimpinan Yosua (pasal 12). Ingatlah bahwa Tanah Perjanjian harus direbut melalui peperangan. Sekalipun daerah yang ditaklukkan oleh bangsa Israel sudah cukup luas, masih banyak daerah lain yang tercakup dalam Tanah Perjanjian (tanah yang dijanjikan Allah untuk diberikan kepada bangsa Israel) yang belum berhasil direbut pada masa tua Yosua (pasal 13). Sekalipun demikian, Allah memerintahkan supaya Tanah Perjanjian itu dibagi-bagi lebih dulu. Pada zaman Musa, daerah sebelah Timur sungai Yordan telah diberikan kepada suku Ruben, suku Gad, dan setengah suku Manasye. Oleh karena itu, daerah sebelah Barat sungai Yordan dibagi oleh Yosua kepada setengah suku Manasye yang tersisa dan sembilan suku Israel yang lain. Perhatikan bahwa keturunan Yusuf dihitung sebagai dua suku (Manasye dan Efraim), sedangkan suku Lewi tidak memperoleh bagian warisan tanah karena tugas mereka adalah mengurus segala hal yang berkaitan dengan peribadatan, sehingga mereka tidak ikut bertani.

Pembagian Tanah Kanaan yang dibicarakan dalam pasal ini dan pasal-pasal selanjutnya menjelaskan bahwa Tanah Perjanjian adalah tanah yang disiapkan Allah sebagai warisan bagi bangsa Israel. Tanah Perjanjian ini telah dijanjikan kepada Abraham (Kejadian 12:1,7; 13:14-17; 15:7,18-21; 17:8; 24:7) dan berturut-turut diwariskan kepada Ishak (Kejadian 17:19-21; 26:3) dan Yakub (Kejadian 28:13-15; 35:12). Janji TUHAN ini mulai dipenuhi pada masa akhir kehidupan Musa (melalui penaklukan daerah sebelah Timur sungai Yordan), dan pemenuhan janji tersebut berlanjut pada masa Yosua. Pembagian Tanah Perjanjian yang dilakukan sebelum penaklukan seluruh wilayah yang tercakup selesai menunjukkan bahwa kepemilikan Tanah Perjanjian merupakan bagian dari rencana Allah. Berbagai pertempuran yang dikisahkan dalam kitab Yosua ini menunjukkan bahwa Allah sendiri yang berperang bagi bangsa Israel, sehingga keberhasilan merampas Tanah Perjanjian merupakan anugerah Allah. Tanah Perjanjian yang dianugerahkan bagi bangsa israel itu adalah gambaran bagi Sorga yang dijanjikan bagi setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus pada masa kini (Yohanes 14:1-6). [GI Mathindas Wenas/GI Purnama]