Bacaan Alkitab
Yosua 18:11-28

11  Maka keluarlah undian suku bani Benyamin menurut kaum-kaum mereka, dan daerah yang diundikan kepada mereka terdapat antara daerah bani Yehuda dan daerah bani Yusuf.
12  Batas pada sisi utara bagi mereka mulai dari sungai Yordan; kemudian batas itu naik ke lereng gunung di sebelah utara Yerikho, naik ke barat ke pegunungan, dan menuju ke padang gurun Bet-Awen.
13  Dari sana batas itu terus ke Lus, ke selatan, ke arah lereng gunung dekat Lus, itulah Betel; kemudian batas itu turun ke Atarot-Adar di pegunungan yang di sebelah selatan Bet-Horon Hilir.
14  Kemudian batas itu melengkung, lalu membelok dari pegunungan yang di seberang Bet-Horon di sebelah selatan menuju ke sisi barat daya, dan berakhir di Kiryat-Baal, itulah Kiryat-Yearim, suatu kota bani Yehuda. Itulah sisi barat.
15  Sisi selatan mulai dari ujung Kiryat-Yearim, kemudian batas itu menuju ke barat, dan menuju pula ke mata air Me-Neftoah.
16  Selanjutnya batas itu turun ke ujung pegunungan yang di tentangan lebak Ben-Hinom, di sebelah utara lembah orang Refaim; kemudian turun ke lebak Hinom, sepanjang lereng gunung Yebus, ke selatan, kemudian turun ke En-Rogel.
17  Kemudian melengkung ke utara, menuju ke En-Semes dan menuju pula ke Gelilot di seberang pendakian Adumim, turun ke batu Bohan bin Ruben,
18  terus ke lereng gunung di seberang Bet-Araba ke utara, dan turun ke Araba-Yordan.
19  Kemudian batas itu terus ke lereng gunung dekat Bet-Hogla ke utara dan batas itu berakhir ke teluk utara Laut Asin, ke muara sungai Yordan di sebelah selatan. Itulah batas selatan.
20  Sungai Yordan ialah batasnya pada sisi timur. Itulah milik pusaka bani Benyamin dengan batas-batasnya ke segala penjuru menurut kaum-kaum mereka.
21  Kota-kota suku bani Benyamin menurut kaum-kaum mereka ialah Yerikho, Bet-Hogla, Emek-Kezis,
22  Bet-Araba, Zemaraim, Betel,
23  Haawim, Para, Ofra,
24  Kefar-Haamonai, Ofni dan Geba; dua belas kota dengan desa-desanya.
25  Gibeon, Rama, Beerot,
26  Mizpa, Kefira, Moza,
27  Rekem, Yirpeel, Tarala,
28  Zela, Elef dan Yebus, ialah Yerusalem, Gibeat dan Kiryat; empat belas kota dengan desa-desanya. Itulah milik pusaka bani Benyamin menurut kaum-kaum mereka.

Yosua 19

1  Undian yang keduapun keluarlah bagi suku Simeon, untuk suku bani Simeon menurut kaum-kaum mereka. Milik pusaka mereka ada di tengah-tengah milik pusaka bani Yehuda.
2  Sebagai milik warisan mereka menerima: Bersyeba, Syeba, Molada,
3  Hazar-Sual, Bala, Ezem,
4  Eltolad, Betul, Horma,
5  Ziklag, Bet-Hamarkabot, Hazar-Susa,
6  Bet-Lebaot dan Saruhen: tiga belas kota dengan desa-desanya.
7  En-Rimon, Eter, dan Asan: empat kota dengan desa-desanya;
8  juga segala desa di sekeliling kota-kota tadi, sampai ke Baalat-Beer, yakni Rama yang di Tanah Selatan. Itulah milik pusaka suku bani Simeon menurut kaum-kaum mereka.
9  Milik pusaka bani Simeon diambil dari bagian bani Yehuda. Karena bagian bani Yehuda itu terlalu besar bagi mereka, maka bani Simeon menerima milik pusaka di tengah-tengah mereka.
10  Undian yang ketigapun keluarlah bagi bani Zebulon menurut kaum-kaum mereka. Batas milik pusaka mereka sampai ke Sarid.
11  Ke sebelah barat batas mereka itu naik ke Marala, menyinggung Dabeset, kemudian menyinggung sungai yang mengalir lewat Yokneam.
12  Dari Sarid batas itu berbalik ke timur, ke arah matahari terbit, melalui daerah Kislot-Tabor, menuju Dobrat, naik ke Yafia;
13  dari sana terus ke timur, ke arah matahari terbit, ke Gat-Hefer, ke Et-Kazin, menuju ke Rimon, dan melengkung ke Nea.
14  Kemudian batas itu membelok mengelilinginya di sebelah utara Hanaton, dan berakhir di lembah Yiftah-El.
15  Lagi Katat, Nahalal, Simron, Yidala dan Betlehem; dua belas kota dengan desa-desanya.
16  Itulah milik pusaka bani Zebulon menurut kaum-kaum mereka; kota-kota tadi dengan desa-desanya.
17  Bagi suku Isakhar keluarlah undian yang keempat, yakni bagi bani Isakhar menurut kaum-kaum mereka.
18  Daerah mereka ialah Yizreel, Kesulot, Sunem,
19  Hafaraim, Sion, Anaharat,
20  Rabit, Kisyon, Ebes,
21  Remet, En-Ganim, En-Hada dan Bet-Pazes.
22  Batas daerah itu menyinggung Tabor, Sahazima dan Bet-Semes; dan batas daerah mereka berakhir di sungai Yordan; enam belas kota dengan desa-desanya.
23  Itulah milik pusaka suku bani Isakhar menurut kaum-kaum mereka, kota-kota itu dengan desa-desanya.
24  Undian yang kelimapun keluarlah bagi suku bani Asyer menurut kaum-kaum mereka.
25  Daerah mereka ialah Helkat, Hali, Beten, Akhsaf,
26  Alamelekh, Amad dan Misal; dan batasnya menyinggung gunung Karmel dan sungai Libnat di sebelah barat;
27  kemudian berbalik ke arah matahari terbit, ke Bet-Dagon; menyinggung daerah Zebulon dan lembah Yiftah-El di sebelah utara, Bet-Emek dan Nehiel, dan menuju ke Kabul di sebelah utara,
28  dan ke Ebron, Rehob, Hamon dan Kana sampai ke Sidon Besar.
29  Kemudian batas itu berbalik ke Rama dan sampai ke kota yang berkubu Tirus, kemudian batas itu berbalik ke Hosa dan berakhir di laut. Lagipula Mahalab, Akhzib,
30  Uma, Afek dan Rehob; dua puluh dua kota dengan desa-desanya.
31  Itulah milik pusaka suku bani Asyer menurut kaum-kaum mereka; kota-kota tadi dengan desa-desanya.
32  Bagi bani Naftali keluarlah undian yang keenam, yakni bagi bani Naftali menurut kaum-kaum mereka.
33  Daerah mereka mulai dari Helef, dari pohon tarbantin di Zaananim, Adami-Nekeb dan Yabneel, sampai ke Lakum, dan berakhir di sungai Yordan.
34  Kemudian batas itu berbalik ke barat ke Aznot-Tabor, dari sana menuju ke Hukok, menyinggung daerah Zebulon di sebelah selatan, menyinggung daerah Asyer di sebelah barat dan daerah Yehuda pada sungai Yordan, di sebelah matahari terbit.
35  Kota-kota yang berkubu ialah Zidim, Zer, Hamat, Rakat, Kineret,
36  Adama, Rama, Hazor,
37  Kedesh, Edrei, En-Hazor,
38  Yiron, Migdal-El, Horem, Bet-Anat dan Bet-Semes; sembilan belas kota dengan desa-desanya.
39  Itulah milik pusaka suku bani Naftali menurut kaum-kaum mereka; kota-kota itu dengan desa-desanya.
40  Bagi suku bani Dan menurut kaum-kaum mereka keluarlah undian yang ketujuh.
41  Daerah milik pusaka mereka ialah Zora, Esytaol, Ir-Semes,
42  Saalabin, Ayalon, Yitla,
43  Elon, Timna, Ekron,
44  Elteke, Gibeton, Baalat,
45  Yehud, Bene-Berak, Gat-Rimon,
46  Me-Yarkon dan Rakon, bersama-sama dengan daerah di seberang Yafo.
47  Karena daerah bani Dan telah menjadi terlalu sempit untuk mereka, maka berjalanlah bani Dan itu maju dan berperang melawan kota Lesem. Mereka merebutnya, memarang penduduknya dengan mata pedang dan mendudukinya. Lalu menetaplah mereka di sana dan menamai Lesem itu Dan menurut nama Dan, bapa leluhur mereka.
48  Itulah milik pusaka suku bani Dan menurut kaum-kaum mereka; kota-kota tadi dengan desa-desanya.
49  Setelah orang Israel selesai membagikan negeri itu menjadi milik pusaka mereka menurut daerah-daerahnya, maka kepada Yosua bin Nun diberikanlah milik pusaka di tengah-tengah mereka.
50  Sesuai dengan titah TUHAN, mereka memberikan kepadanya kota yang dimintanya, yakni Timnat-Serah di pegunungan Efraim. Kota itu dibangunnya dan menetaplah ia di sana.
51  Itulah milik pusaka yang diperundikan di antara suku-suku orang Israel di Silo oleh imam Eleazar, oleh Yosua bin Nun dan oleh para kepala kaum keluarga di hadapan TUHAN di depan pintu Kemah Pertemuan. Demikianlah diselesaikan mereka pembagian negeri itu.


Renungan GEMA
Pemimpin yang Menjadi Teladan

Cara Yosua memimpin pembagian tanah memperlihatkan bahwa ia memang patut menjadi seorang pemimpin. Dia menyelesaikan dulu pembagian tanah untuk seluruh bangsa Israel, kemudian, barulah ia meminta tanah yang menjadi bagiannya (19:49). Sebagai seorang dari suku Efraim, Yosua mewarisi kota Timnat-Serah yang terletak di pegunungan Efraim. Kota ini terletak di daerah pegunungan yang tidak subur serta dikelilingi oleh lembah yang curam dan bukit yang terjal. Kota Timnat-Serah itu harus ia bangun lebih dulu. Setelah itu, barulah dia bisa menetap di sana dengan nyaman (19:50). Dengan demikian, walaupun Yosua adalah pemimpin tertinggi bangsa Israel sesudah Musa wafat, jelas terlihat bahwa Yosua adalah seorang pemimpin yang tidak mementingkan dirinya sendiri. Baginya, mengurus kepentingan seluruh Israel harus lebih diutamakan daripada kepentingan pribadi.

Bacaan Alkitab hari ini mengingatkan kita akan ajaran Tuhan Yesus tentang kepemimpinan, “Kamu tahu, bahwa pemerintah-pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi dan pembesar-pembesar menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka. Tidaklah demikian di antara kamu. Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu; sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.” (Matius 20:25b-28). Bagi Tuhan Yesus, seorang pemimpin tidak boleh memimpin dengan sewenang-wenang, tetapi harus memimpin dengan cara melayani. Sebagai pemimpin Israel, Yosua tidak mencari kesenangan diri sendiri. Dia berusaha menyelesaikan dulu tugasnya sampai tuntas dalam hal pembagian tanah bagi seluruh bangsa Israel. Sesudah itu, barulah ia meminta tanah yang menjadi bagiannya. Tanah yang dia minta pun bukan kota yang sudah dibangun rapi (siap pakai), melainkan kota yang harus dia bangun lebih dulu supaya nyaman untuk ditempati. Adanya pemimpin nasional yang melayani rakyat merupakan dambaan rakyat di semua negara sampai saat ini. Bila Anda adalah seorang pemimpin, Anda harus selalu mengingat bahwa setiap pemimpin harus melayani orang-orang yang dipimpinnya, bukan menuntut untuk dilayani. [GI Mathindas Wenas/GI Purnama]