Bacaan Alkitab
Markus 16:1-8

1  Setelah lewat hari Sabat, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus, serta Salome membeli rempah-rempah untuk pergi ke kubur dan meminyaki Yesus.
2  Dan pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu, setelah matahari terbit, pergilah mereka ke kubur.
3  Mereka berkata seorang kepada yang lain: “Siapa yang akan menggulingkan batu itu bagi kita dari pintu kubur?”
4  Tetapi ketika mereka melihat dari dekat, tampaklah, batu yang memang sangat besar itu sudah terguling.
5  Lalu mereka masuk ke dalam kubur dan mereka melihat seorang muda yang memakai jubah putih duduk di sebelah kanan. Merekapun sangat terkejut,
6  tetapi orang muda itu berkata kepada mereka: “Jangan takut! Kamu mencari Yesus orang Nazaret, yang disalibkan itu. Ia telah bangkit. Ia tidak ada di sini. Lihat! Inilah tempat mereka membaringkan Dia.
7  Tetapi sekarang pergilah, katakanlah kepada murid-murid-Nya dan kepada Petrus: Ia mendahului kamu ke Galilea; di sana kamu akan melihat Dia, seperti yang sudah dikatakan-Nya kepada kamu.”
8  Lalu mereka keluar dan lari meninggalkan kubur itu, sebab gentar dan dahsyat menimpa mereka. Mereka tidak mengatakan apa-apa kepada siapapun juga karena takut. Dengan singkat mereka sampaikan semua pesan itu kepada Petrus dan teman-temannya. Sesudah itu Yesus sendiri dengan perantaraan murid-murid-Nya memberitakan dari Timur ke Barat berita yang kudus dan tak terbinasakan tentang keselamatan yang kekal itu.


Renungan GEMA
Yesus (Sungguh Sudah) Bangkit

Ada konspirasi yang dilakukan para tua-tua orang Yahudi dengan para serdadu Romawi yang ditugaskan untuk menjaga kubur Yesus Kristus. Dalam Matius 28:12-15, para tua-tua itu memberi sejumlah besar uang kepada para serdadu penjaga kubur untuk berbohong bahwa jasad Yesus Kristus telah dicuri oleh murid-murid-Nya sehingga kebangkitan Yesus dapat disangkal. Akibatnya, banyak orang Yahudi yang mempercayai kebohongan mereka.

Akan tetapi, Yesus Kristus sudah bangkit! Terlalu banyak bukti yang menunjukkan bahwa Dia sungguh-sungguh sudah bangkit. Para serdadu yang berbohong adalah saksi mata saat Dia bangkit. Mereka merasakan fenomena alam (gempa bumi) yang terjadi serta melihat penglihatan yang spektakuler, yaitu bahwa malaikat Tuhan—yang wajahnya bagaikan kilat dan pakaiannya putih bagaikan salju—turun dari langit, menggulingkan batu penutup kubur, lalu duduk di atasnya (Matius 28:2-4). Lalu, Maria Magdalena dan Maria ibu Yakobus serta Salome menyaksikan bahwa batu yang memang sangat besar itu sudah terguling. Tidak mungkin mereka sanggup menggulingkan batu besar itu dengan kekuatan mereka. Malaikat yang memberi kesaksian bahwa Yesus telah bangkit juga masih ada dan berbincang dengan mereka. Malaikat itu meneguhkan firman yang pernah diberitakan Yesus Kristus bahwa sesudah kebangkitan-Nya, Ia akan mendahului para murid-Nya ke Galilea dan bertemu dengan mereka di sana. Lagi pula, Injil Yohanes mencatat bahwa berulang kali Yesus Kristus menampakan diri kepada para murid-Nya (Yohanes 20-21; lihat juga Markus 16:12-14; Lukas 24:13-35). Lukas—seorang dokter yang lebih percaya metode ilmiah ketimbang hal-hal yang supranatural—mencatat bahwa selama empat puluh hari, Yesus Kristus berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada para rasul sesudah kebangkitan-Nya dan sebelum kenaikan-Nya (Kisah Para Rasul 1:4). Kebangkitan-Nya menandakan kemenangan-Nya atas kuasa dosa dan kuasa maut. Kebangkitan-Nya memperlihatkan superioritas Allah atas segala kuasa yang ada di seluruh alam semesta. Tidak ada Thanos (musuh yang tidak terkalahkan dalam film Avengers) yang dapat menandingi kuasa Yesus Kristus yang telah bangkit. Berjuta-juta Thanos pun bagaikan setitik debu ketimbang kekuatan Yesus Kristus. Betapa masuk akalnya bila kita menyandarkan diri kepada Yesus Kristus yang telah bangkit itu! [GI Mario Novanno]