Bacaan Alkitab
Yohanes 15:18-27

18  “Jikalau dunia membenci kamu, ingatlah bahwa ia telah lebih dahulu membenci Aku dari pada kamu.
19  Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu.
20  Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu; jikalau mereka telah menuruti firman-Ku, mereka juga akan menuruti perkataanmu.
21  Tetapi semuanya itu akan mereka lakukan terhadap kamu karena nama-Ku, sebab mereka tidak mengenal Dia, yang telah mengutus Aku.
22  Sekiranya Aku tidak datang dan tidak berkata-kata kepada mereka, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang mereka tidak mempunyai dalih bagi dosa mereka!
23  Barangsiapa membenci Aku, ia membenci juga Bapa-Ku.
24  Sekiranya Aku tidak melakukan pekerjaan di tengah-tengah mereka seperti yang tidak pernah dilakukan orang lain, mereka tentu tidak berdosa. Tetapi sekarang walaupun mereka telah melihat semuanya itu, namun mereka membenci baik Aku maupun Bapa-Ku.
25  Tetapi firman yang ada tertulis dalam kitab Taurat mereka harus digenapi: Mereka membenci Aku tanpa alasan.
26  Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku.
27  Tetapi kamu juga harus bersaksi, karena kamu dari semula bersama-sama dengan Aku.”


Renungan GEMA
Menciptakan Dunia & Bersaksi Tentang Kristus

Kejadian 1:2 memperlihatkan bahwa sewaktu penciptaan, Allah Roh Kudus hadir serta berperan dalam menciptakan dunia. Saat Allah menciptakan manusia pun, Allah Roh Kudus juga terlibat (Kejadian 1:26, Tuhan berfirman, “Baiklah Kita …”). Dalam Ayub 26:13a tertulis, “Oleh nafas-Nya langit menjadi cerah,… .” Kata nafas di dalam bahasa Ibrani—yaitu ruwach—berarti Roh. Allah Roh Kudus berkuasa atas dunia dan segala isinya karena Allah Roh Kudus terlibat dalam penciptaan dunia.

Selain menciptakan dunia, karya Allah Roh Kudus dalam dunia adalah untuk bersaksi tentang Kristus. Dalam Yohanes 15:26, Tuhan Yesus mengatakan bahwa Roh Kebenaran akan bersaksi tentang diri-Nya. Apakah hal itu berarti bahwa para murid Tuhan Yesus tidak perlu bersaksi? Tidak! Mereka tetap harus bersaksi (Yohanes 15:27), karena Allah Roh Kudus hadir mendiami setiap orang percaya untuk bersaksi tentang Kristus. Saat ini, kehadiran Allah Roh Kudus memampukan manusia untuk mengenal dan percaya kepada Tuhan Yesus Kristus.

Karya Allah Roh Kudus dalam dunia—yaitu menciptakan dunia ini dan bersaksi tentang Kristus—mengajarkan dua hal kepada kita: Pertama, dunia yang indah merefleksikan keindahan Sang Pencipta. Bayangkan bahwa diri Anda berada di suatu tempat yang amat indah. Anda bisa menikmati udara yang segar, bunga yang berwarna-warni, aliran sungai yang bersih, gunung-gunung yang menjulang tinggi, langit yang cerah, dan matahari yang bersinar. Keindahan alam ini sewajarnya membuat pikiran kita tertuju kepada pribadi Allah yang amat kreatif dan berkuasa menciptakan alam semesta ini. Kapankah terakhir kali doa Anda dipenuhi dengan kekaguman akan Allah? Kedua, bersaksi tentang Kristus kepada orang-orang yang belum mengenal Dia bukanlah murni pekerjaan atau usaha kita sendiri, tetapi pekerjaan Allah di dalam diri kita. Saat kita menemukan kesulitan dalam bersaksi—ditolak, ditentang, diejek, direndahkan—datanglah kepada Allah untuk memohon kekuatan, sehingga kita dimampukan untuk bersaksi tentang Kristus kepada dunia. Bila Anda ingin bersaksi, tetapi Anda tidak tahu cara melakukannya, yang perlu Anda lakukan adalah memohon supaya Tuhan memperlengkapi diri Anda, sehingga Anda bisa menjadi saksi-Nya. Jika gereja mengadakan pembinaan untuk menjadi saksi Kristus, sediakanlah waktu untuk mengikuti pembinaan itu. [GI Fernandes Lim]