Bacaan Alkitab
Galatia 5:16-26

16  Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.
17  Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging–karena keduanya bertentangan–sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.
18  Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.
19  Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,
20  penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,
21  kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu–seperti yang telah kubuat dahulu–bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.
22  Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,
23  kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.
24  Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.
25  Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,
26  dan janganlah kita gila hormat, janganlah kita saling menantang dan saling mendengki.


Renungan GEMA
Memunculkan Buah Roh

Dampak kehadiran Allah Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya bukan hanya menguatkan orang percaya dalam menjalani hidup, tetapi juga memampukan orang percaya menghasilkan buah Roh—yaitu kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri—dalam kehidupannya (5:22-23). Dari rincian buah Roh di atas, manakah bagian yang Anda rasa paling kuat muncul dalam diri Anda saat ini? Manakah bagian yang Anda anggap paling lemah, yang paling jarang terlihat dalam diri Anda saat ini? Apa yang menghambat munculnya buah Roh dalam hidup Anda? Apakah ada luka-luka masa lalu yang menghambat pertumbuhan buah Roh dalam diri Anda? Apakah masih ada keinginan daging yang menguasai diri Anda saat ini? Rasul Paulus menjelaskan, “Perbuatan daging telah nyata, yaitu percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora, dan sebagainya.” (5:19-21a) Buah Roh hanya akan muncul jika kita memberi diri kita untuk dipimpin oleh Roh, sebab keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging.

Selain memunculkan buah Roh dalam kehidupan orang percaya, Allah Roh Kudus memberikan karunia-karunia Roh kepada orang percaya seperti yang dikehendaki-Nya (1 Korintus 12:11). Rupa-rupa karunia Roh untuk melayani diberikan oleh Allah Roh Kudus untuk kepentingan bersama membangun tubuh Kristus (1 Korintus 12:7). Allah Roh Kudus yang tinggal dalam kehidupan orang percaya akan memperlengkapi orang percaya untuk melayani. Saat ini, apakah Anda terlibat dalam pelayanan? Sudahkah Anda mengenal dan memahami karunia rohani yang Tuhan karuniakan kepada diri Anda? Jika Anda belum mengenali karunia yang Anda miliki, tautan http://glorianet.org/pptlib/smb/karuniaroh.php akan menolong Anda mengenali karunia Roh yang Anda miliki. Gereja Tuhan adalah tubuh Kristus dengan Kristus sebagai Kepala Gereja. Di gereja, seharusnya setiap orang percaya saling melayani untuk membangun tubuh Kristus. Akan tetapi, harus diakui bahwa semua gereja memiliki kekurangan/kelemahan, tidak ada yang sempurna. Namun, apakah kita mau ikut menutupi kekurangan atau kita hanya menjadi penonton, bahkan menjadi komentator yang selalu mencela orang lain? Marilah kita bersama-sama melayani Tuhan. [GI Fernandes Lim]