Bacaan Alkitab
Kolose 2:16-23

16  Karena itu janganlah kamu biarkan orang menghukum kamu mengenai makanan dan minuman atau mengenai hari raya, bulan baru ataupun hari Sabat;
17  semuanya ini hanyalah bayangan dari apa yang harus datang, sedang wujudnya ialah Kristus.
18  Janganlah kamu biarkan kemenanganmu digagalkan oleh orang yang pura-pura merendahkan diri dan beribadah kepada malaikat, serta berkanjang pada penglihatan-penglihatan dan tanpa alasan membesar-besarkan diri oleh pikirannya yang duniawi,
19  sedang ia tidak berpegang teguh kepada Kepala, dari mana seluruh tubuh, yang ditunjang dan diikat menjadi satu oleh urat-urat dan sendi-sendi, menerima pertumbuhan ilahinya.
20  Apabila kamu telah mati bersama-sama dengan Kristus dan bebas dari roh-roh dunia, mengapakah kamu menaklukkan dirimu pada rupa-rupa peraturan, seolah-olah kamu masih hidup di dunia:
21  jangan jamah ini, jangan kecap itu, jangan sentuh ini;
22  semuanya itu hanya mengenai barang yang binasa oleh pemakaian dan hanya menurut perintah-perintah dan ajaran-ajaran manusia.
23  Peraturan-peraturan ini, walaupun nampaknya penuh hikmat dengan ibadah buatan sendiri, seperti merendahkan diri, menyiksa diri, tidak ada gunanya selain untuk memuaskan hidup duniawi.

Kolose 3:1-4

1  Karena itu, kalau kamu dibangkitkan bersama dengan Kristus, carilah perkara yang di atas, di mana Kristus ada, duduk di sebelah kanan Allah.
2  Pikirkanlah perkara yang di atas, bukan yang di bumi.
3  Sebab kamu telah mati dan hidupmu tersembunyi bersama dengan Kristus di dalam Allah.
4  Apabila Kristus, yang adalah hidup kita, menyatakan diri kelak, kamupun akan menyatakan diri bersama dengan Dia dalam kemuliaan.


Renungan GEMA
Mencari dan memikirkan hal-hal Surga
GI Philip Hutapea

Status orang Kristen yang telah menerima Kristus adalah sebagai orang yang telah mati bagi dosa dan ikut dibangkitkan (mendapat hidup baru) bersama Kristus pada waktu mereka percaya. Orang Kristen yang telah menerima Kristus sepatutnya menjalani hidup baru sesuai dengan nilai kebenaran yang Kristus ajarkan. Masalahnya, nilai kebenar-an yang Kristus ajarkan itu banyak yang bertentangan dengan nilai dunia ini. Bila tidak waspada kita akan mudah berkompromi dan mengikuti nilai dunia ini, walaupun kita telah menerima Kristus.

Dalam bacaan Alkitab hari ini, Rasul Paulus melihat bahwa banyak orang Kristen di Kolose yang hidup berdasarkan nilai dunia yang berten-tangan dengan nilai kebenaran Kristen. Rasul Paulus mengingatkan, “Mengapakah kamu menaklukkan dirimu pada rupa-rupa peraturan, seolah-olah kamu masih hidup di dunia: jangan jamah ini, jangan kecap itu, jangan sentuh ini; semuanya itu … hanya menurut perintah-perintah dan ajaran-ajaran manusia.” (2:20b-22).

Dalam jemaat Kolose terdapat banyak pengajar atau guru palsu yang mengajar orang percaya untuk mematuhi perintah dan peraturan Taurat, tetapi tidak menurut ajaran Kristus (2:16-19). Rasul Paulus menge-cam dan menentang ajaran palsu itu. Dia mengajar jemaat Kolose agar tidak meremehkan karya Kristus yang agung dan tidak mau disesatkan oleh peraturan agamawi buatan manusia. Paulus menegaskan bahwa hukum Taurat hanyalah bayangan Kristus. Di dalam Kristus, tuntutan hukum Taurat telah dipenuhi. Ingatlah bahwa nilai ajaran Kristus lebih tinggi, lebih agung, dan lebih berotoritas daripada hukum Taurat.

Rasul Paulus mengajarkan bahwa yang terpenting bagi orang percaya adalah mencari dan memikirkan hal-hal surgawi, bukan hal-hal duniawi. Setiap orang percaya harus berusaha sungguh-sungguh agar perkataan, perbuatan, pikiran, perasaan, dan kemauan terarah ke sorga, tempat Kristus ada, sehingga kita dapat menyadari sepenuhnya kehadir-an dan kuasa Kristus dalam kehidupan sehari-hari. Orang Kristen yang tidak menomorsatukan Kristus adalah orang Kristen yang mundur secara rohani. Bagaimana kehidupan sehari-hari Anda? Apakah Anda selalu berjuang untuk mencari dan memikirkan perkara sorgawi tempat Kristus hadir dan berkuasa atas kehidupan Anda, atau Anda masih terlena untuk memikirkan hal-hal duniawi yang bertentangan dengan ajaran Kristus?