Bacaan Alkitab
2 Tesalonika 2

1  Tentang kedatangan Tuhan kita Yesus Kristus dan terhimpunnya kita dengan Dia kami minta kepadamu, saudara-saudara,
2  supaya kamu jangan lekas bingung dan gelisah, baik oleh ilham roh, maupun oleh pemberitaan atau surat yang dikatakan dari kami, seolah-olah hari Tuhan telah tiba.
3  Janganlah kamu memberi dirimu disesatkan orang dengan cara yang bagaimanapun juga! Sebab sebelum Hari itu haruslah datang dahulu murtad dan haruslah dinyatakan dahulu manusia durhaka, yang harus binasa,
4  yaitu lawan yang meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah.
5  Tidakkah kamu ingat, bahwa hal itu telah kerapkali kukatakan kepadamu, ketika aku masih bersama-sama dengan kamu?
6  Dan sekarang kamu tahu apa yang menahan dia, sehingga ia baru akan menyatakan diri pada waktu yang telah ditentukan baginya.
7  Karena secara rahasia kedurhakaan telah mulai bekerja, tetapi sekarang masih ada yang menahan. Kalau yang menahannya itu telah disingkirkan,
8  pada waktu itulah si pendurhaka baru akan menyatakan dirinya, tetapi Tuhan Yesus akan membunuhnya dengan nafas mulut-Nya dan akan memusnahkannya, kalau Ia datang kembali.
9  Kedatangan si pendurhaka itu adalah pekerjaan Iblis, dan akan disertai rupa-rupa perbuatan ajaib, tanda-tanda dan mujizat-mujizat palsu,
10  dengan rupa-rupa tipu daya jahat terhadap orang-orang yang harus binasa karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran yang dapat menyelamatkan mereka.
11  Dan itulah sebabnya Allah mendatangkan kesesatan atas mereka, yang menyebabkan mereka percaya akan dusta,
12  supaya dihukum semua orang yang tidak percaya akan kebenaran dan yang suka kejahatan.
13  Akan tetapi kami harus selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara, yang dikasihi Tuhan, sebab Allah dari mulanya telah memilih kamu untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai.
14  Untuk itulah Ia telah memanggil kamu oleh Injil yang kami beritakan, sehingga kamu boleh memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita.
15  Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.
16  Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita,
17  kiranya menghibur dan menguatkan hatimu dalam pekerjaan dan perkataan yang baik.


Renungan GEMA
Jangan Terpengaruh oleh Hoaks!
GI Purnama

Masalah yang dihadapi jemaat Tesalonika bukan hanya penganiayaan, tetapi juga penyesatan. Salah satu penyesatan yang merongrong jemaat Tesalonika adalah hoaks bahwa hari Tuhan telah tiba (2:2 )–Tuhan Yesus telah datang kembali. Rasul Paulus menegaskan bahwa sebelum hari Tuhan tiba, akan terjadi murtad dan akan muncul manusia durhaka (2:3) atau si pendurhaka (2:8). Dalam bahasa asli Alkitab, yaitu bahasa Yunani, yang dimaksud dengan si pendurhaka adalah orang yang tidak memedulikan hukum (dari kata Yunani ανομος). Si pendurhaka akan meninggikan diri di atas segala yang disebut atau yang disembah sebagai Allah. Bahkan, ia duduk di Bait Allah dan mau menyatakan diri sebagai Allah (2:4). Dalam sejarah, ada tokoh-tokoh yang menganggap dirinya seperti Allah, misalnya Agustus, Nero, dan Domitian–kaisar-kaisar Romawi. Dalam 1 Yohanes 2:18, Rasul Yohanes mengatakan, “… seorang antikristus akan datang, sekarang telah bangkit banyak antikristus..” Sebutan “antikristus” menurut Rasul Yohanes ini nampaknya menunjuk kepada pribadi yang sama dengan “si pendurhaka” menurut Rasul Paulus. Anehnya, selain ada sebutan “seorang antikristus”, ada pula sebutan “antikristus-antikristus”. Oleh karena itu, ada kemungkinan bahwa yang dimaksud dengan “si pendurhaka” atau “antikristus” ini menunjuk kepada banyak orang, tetapi ada pula kemungkinan munculnya seorang pemimpin besar “pendurhaka” atau “antikristus”.

Kesulitan untuk memahami secara pasti siapa “si pendurhaka” itu disebabkan karena hal itu pernah dibicarakan dengan jemaat secara lisan (2 Tesalonika 2:5), sehingga Rasul Paulus tidak merasa perlu membicarakan lagi secara jelas. Ketidakjelasan ini sebenarnya sesuai dengan penjelasan bahwa kedatangan Tuhan Yesus yang kedua terjadi secara tiba-tiba dan tidak terduga seperti kedatangan seorang pencuri (1 Tesalonika 5:2,4; 2 Petrus 3:10). Menduga-duga siapa yang dimaksud dengan “si pendurhaka” boleh saja, tetapi sadarilah bahwa kita tidak bisa memastikan. Adanya wabah Covid-19 yang melanda dunia saat ini juga membuat banyak orang menduga bahwa Tuhan Yesus sudah akan datang kembali. Bagi kita, yang paling penting bukan kepastian kapan Tuhan Yesus akan datang kembali, tetapi bahwa kita harus berjaga-jaga menanti kedatangan Tuhan Yesus melalui sikap hidup yang bertanggung jawab melakukan pekerjaan baik yang ditetapkan Allah!