Bacaan Alkitab
Titus 3

1  Ingatkanlah mereka supaya mereka tunduk pada pemerintah dan orang-orang yang berkuasa, taat dan siap untuk melakukan setiap pekerjaan yang baik.
2  Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.
3  Karena dahulu kita juga hidup dalam kejahilan: tidak taat, sesat, menjadi hamba berbagai-bagai nafsu dan keinginan, hidup dalam kejahatan dan kedengkian, keji, saling membenci.
4  Tetapi ketika nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasih-Nya kepada manusia,
5  pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus,
6  yang sudah dilimpahkan-Nya kepada kita oleh Yesus Kristus, Juruselamat kita,
7  supaya kita, sebagai orang yang dibenarkan oleh kasih karunia-Nya, berhak menerima hidup yang kekal, sesuai dengan pengharapan kita.
8  Perkataan ini benar dan aku mau supaya engkau dengan yakin menguatkannya, agar mereka yang sudah percaya kepada Allah sungguh-sungguh berusaha melakukan pekerjaan yang baik. Itulah yang baik dan berguna bagi manusia.
9  Tetapi hindarilah persoalan yang dicari-cari dan yang bodoh, persoalan silsilah, percekcokan dan pertengkaran mengenai hukum Taurat, karena semua itu tidak berguna dan sia-sia belaka.
10  Seorang bidat yang sudah satu dua kali kaunasihati, hendaklah engkau jauhi.
11  Engkau tahu bahwa orang yang semacam itu benar-benar sesat dan dengan dosanya menghukum dirinya sendiri.
12  Segera sesudah kukirim Artemas atau Tikhikus kepadamu, berusahalah datang kepadaku di Nikopolis, karena sudah kuputuskan untuk tinggal di tempat itu selama musim dingin ini.
13  Tolonglah sebaik-baiknya Zenas, ahli Taurat itu, dan Apolos, dalam perjalanan mereka, agar mereka jangan kekurangan sesuatu apa.
14  Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah.
15  Salam dari semua orang yang bersama aku di sini dan sampaikanlah salamku kepada mereka yang mengasihi kami di dalam iman. Kasih karunia menyertai kamu sekalian!


Renungan GEMA
Sesuai Aplikasi
GI Tommy Chendana

Aplikasi belanja online saat ini sangat memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai macam transaksi. Adanya fitur yang user-friendly–atau mudah dipakai–memikat pengguna untuk terus memakai aplikasi itu, misalnya notifikasi pengingat informasi. Fitur ini mendorong pengguna aplikasi untuk merespons pesan. Di pasal ini, Rasul Paulus mengingatkan Titus untuk menyampaikan pesan agar setiap orang Kristen senantiasa bersungguh-sungguh melakukan pekerjaan baik dalam seluruh aspek hidupnya, yaitu tunduk dan hormat kepada pemerintah (3:1), bersikap ramah dan lemah lembut kepada sesama (3:2), menasihati orang yang suka mencari-cari masalah dan mengajarkan ajaran sesat (3:9-11), dan menolong rekan sepelayanan (3:13-14).

Perkataan “pekerjaan yang baik” (3:1,8,14) yang dimaksud Rasul Paulus di sini berkaitan dengan dua hal, yaitu: Pertama, perkataan itu berkaitan dengan ketidakmampuan manusia berdosa untuk melakukan pekerjaan yang baik. Manusia berdosa sama sekali tidak memenuhi syarat untuk menerima kasih karunia Allah (3:3; bandingkan dengan Roma 3:12), tetapi kemurahan Allah dan kasih karunia-Nya membuat Ia mau menyelamatkan manusia berdosa melalui karya Yesus Kristus, serta memberikan kelahiran kembali dan hidup baru melalui pekerjaan Roh Kudus (3:5-6; bandingkan dengan Efesus 2:1-10). Kedua, perkataan itu berkaitan dengan kondisi bahwa manusia yang telah menerima kasih karunia Allah akan dimampukan oleh Roh Kudus untuk melakukan pekerjaan yang baik dan berguna bagi banyak orang (3:8). Dengan demikian, pekerjaan baik orang Kristen bukanlah dilakukan agar memperoleh keselamatan atau agar memenuhi syarat untuk masuk surga atau agar mendapat keuntungan tertentu, melainkan merupakan buah pertumbuhan rohani berdasarkan pengetahuan yang benar tentang Allah (Kolose 1:10).

Itulah sebabnya, Rasul Paulus menyuruh Titus untuk mengingatkan, meyakinkan, dan menguatkan jemaat di pulau Kreta agar senantiasa memercayai pemberitaan Injil yang sejati dan senantiasa bersandar pada Roh Kudus yang akan memampukan mereka untuk melakukan setiap pekerjaan baik dengan berlandaskan pada kasih karunia Allah yang menyelamatkan semua manusia. Kiranya setiap pekerjaan baik yang kita kerjakan menjadi bukti konkret penerapan firman Tuhan dalam kehidupan seorang Kristen yang sejati.