Bacaan Alkitab
Yesaya 55

1  Ayo, hai semua orang yang haus, marilah dan minumlah air, dan hai orang yang tidak mempunyai uang, marilah! Terimalah gandum tanpa uang pembeli dan makanlah, juga anggur dan susu tanpa bayaran!
2  Mengapakah kamu belanjakan uang untuk sesuatu yang bukan roti, dan upah jerih payahmu untuk sesuatu yang tidak mengenyangkan? Dengarkanlah Aku maka kamu akan memakan yang baik dan kamu akan menikmati sajian yang paling lezat.
3  Sendengkanlah telingamu dan datanglah kepada-Ku; dengarkanlah, maka kamu akan hidup! Aku hendak mengikat perjanjian abadi dengan kamu, menurut kasih setia yang teguh yang Kujanjikan kepada Daud.
4  Sesungguhnya, Aku telah menetapkan dia menjadi saksi bagi bangsa-bangsa, menjadi seorang raja dan pemerintah bagi suku-suku bangsa;
5  sesungguhnya, engkau akan memanggil bangsa yang tidak kaukenal, dan bangsa yang tidak mengenal engkau akan berlari kepadamu, oleh karena TUHAN, Allahmu, dan karena Yang Mahakudus, Allah Israel, yang mengagungkan engkau.
6  Carilah TUHAN selama Ia berkenan ditemui; berserulah kepada-Nya selama Ia dekat!
7  Baiklah orang fasik meninggalkan jalannya, dan orang jahat meninggalkan rancangannya; baiklah ia kembali kepada TUHAN, maka Dia akan mengasihaninya, dan kepada Allah kita, sebab Ia memberi pengampunan dengan limpahnya.
8  Sebab rancangan-Ku bukanlah rancanganmu, dan jalanmu bukanlah jalan-Ku, demikianlah firman TUHAN.
9  Seperti tingginya langit dari bumi, demikianlah tingginya jalan-Ku dari jalanmu dan rancangan-Ku dari rancanganmu.
10  Sebab seperti hujan dan salju turun dari langit dan tidak kembali ke situ, melainkan mengairi bumi, membuatnya subur dan menumbuhkan tumbuh-tumbuhan, memberikan benih kepada penabur dan roti kepada orang yang mau makan,
11  demikianlah firman-Ku yang keluar dari mulut-Ku: ia tidak akan kembali kepada-Ku dengan sia-sia, tetapi ia akan melaksanakan apa yang Kukehendaki, dan akan berhasil dalam apa yang Kusuruhkan kepadanya.
12  Sungguh, kamu akan berangkat dengan sukacita dan akan dihantarkan dengan damai; gunung-gunung serta bukit-bukit akan bergembira dan bersorak-sorai di depanmu, dan segala pohon-pohonan di padang akan bertepuk tangan.
13  Sebagai ganti semak duri akan tumbuh pohon sanobar, dan sebagai ganti kecubung akan tumbuh pohon murad, dan itu akan terjadi sebagai kemasyhuran bagi TUHAN, sebagai tanda abadi yang tidak akan lenyap.


Renungan GEMA
Tawaran Injil
GI Purnama

Tawaran untuk makan dan minum dalam 55:1 bukanlah tawaran dalam arti harfiah, melainkan tawaran untuk mendapatkan hidup (55:3) atau tawaran untuk mendapat pengampunan (55:7). Tawaran untuk makan dan minum ini juga mengingatkan kita akan perkataan Tuhan Yesus bahwa Dia adalah Roti Hidup (Yohanes 6:35,48,51) dan Air Hidup (Yohanes 4:10). Dengan demikian, kita dapat menyimpulkan bahwa sebenarnya tawaran dalam bacaan Alkitab hari ini adalah tawaran Injil–artinya “kabar baik”–tentang keselamatan atau hidup kekal yang tersedia di dalam Kristus. Keselamatan itu tidak bisa dibeli dengan uang, tetapi hanya bisa diperoleh melalui kesediaan mendengar dan datang menyambut tawaran itu (55:2-3). Kesediaan mendengar menunjuk pada kesediaan meninggalkan dosa atau bertobat (55:7), sedangkan kesediaan untuk datang menyambut menunjuk pada kesediaan untuk percaya kepada Yesus Kristus. Dalam bacaan Alkitab hari ini, nubuat Nabi Yesaya sudah bukan hanya menyangkut bangsa Israel atau Yehuda saja. Tawaran Injil ini merupakan kelanjutan dari janji Allah kepada Daud. Akan tetapi, umat Allah yang telah menerima tawaran Injil itu selanjutnya harus menjalankan misi yang tidak terbatas pada lingkup bangsa Israel atau Yehuda saja, melainkan menjadi saksi yang menjangkau bangsa-bangsa lain (55:4-5). Perlu diingat bahwa tawaran Injil ini diberikan dalam jangka waktu yang terbatas, yaitu “selama Ia berkenan ditemui” atau “selama Ia dekat” (55:6). Tawaran Injil itu sudah tidak akan berlaku lagi setelah kita meninggal dunia atau setelah Tuhan Yesus datang kembali untuk kedua kali. Perlu diingat pula bahwa rancangan Allah tentang tawaran Injil ini berbeda dengan pemikiran manusia pada umumnya yang beranggapan bahwa keselamatan itu hanya bisa diperoleh melalui perbuatan baik. Sebaliknya, setiap orang yang ingin mendengar serta datang menyambut Injil harus datang dengan kesadaran akan keberdosaan diri, bukan dengan mengandalkan kesalehan diri.

Apakah Anda menyadari bahwa uang Anda dan kesalehan Anda tidak bisa memberikan keselamatan kepada diri Anda? Apakah Anda sudah menyambut tawaran Injil Yesus Kristus yang ditawarkan dalam bacaan Alkitab hari ini? Apakah Anda sudah menjalankan misi menjadi saksi bagi semua orang dari semua bangsa?