Bacaan Alkitab
Amsal 23:13-14

13  Jangan menolak didikan dari anakmu ia tidak akan mati kalau engkau memukulnya dengan rotan.
14  Engkau memukulnya dengan rotan, tetapi engkau menyelamatkan nyawanya dari dunia orang mati.


Renungan GEMA
Tanggung Jawab Orang Tua
GI Wirawaty Yaputri

Salah satu tanggung jawab orang tua adalah mendidik anak mereka untuk hidup dalam takut akan Tuhan. Banyak orang tua beranggapan bahwa tanggung jawab utama terhadap anak mereka adalah memenuhi kebutuhan jasmaniah—misalnya kebutuhan makan minum, pakaian, tempat tinggal—serta kebutuhan batiniah seperti kebutuhan kasih sayang dan perhatian. Akan tetapi, sebenarnya masih ada satu tanggung jawab lain yang sangat penting, yaitu memenuhi kebutuhan rohani anak mereka. Sejak kecil, seorang anak harus dibimbing untuk mengenal Tuhan dan hidup dalam iman kepada Tuhan.

Beberapa survei kristiani seperti yang disebut oleh Voddie T. Baucham, Jr., dalam bukunya, Family Driven Faith (Crossway Books), mencatat bahwa 70-80% anak remaja pada zaman ini meninggalkan gereja di tahun kedua kuliah mereka. Sekitar 8 (hampir 9) dari 10 orang tua Kristen di Amerika telah gagal dalam membesarkan anak untuk terus hidup dalam iman kepada Tuhan. Penelitian George Barna—seperti yang dikutip oleh Baucham, Jr.—mengatakan bahwa 85% anak remaja “Kristen” yang di survei tidak percaya pada kebenaran absolut. Kemudian, sekitar 60% lebih anak remaja setuju dengan pernyataan, “Tidak ada yang dapat diketahui secara pasti kecuali hal-hal yang sudah engkau alami dalam hidupmu.” Bahkan, lebih dari separuh anak remaja yang di survei itu percaya bahwa Yesus Kristus melakukan dosa saat hidup di dunia ini! Pemahaman seperti ini adalah pemahaman anak-anak remaja yang tumbuh dalam keluarga Kristen. Ingatlah bahwa setiap orang tua dituntut Allah untuk bertanggung jawab mendidik anak-anak yang telah dipercayakan kepada mereka.

Penulis Amsal mengatakan, “Jangan lalai mendidik anak-anakmu; disiplin tidak akan mencelakakan mereka. Mereka tidak akan mati jika engkau memukul mereka dengan rotan. Hukuman akan menjauhkan mereka dari neraka.” (Amsal 23:13, versi Firman Allah yang Hidup). Orang tua jangan enggan atau malas untuk terus mendisiplin anak agar memiliki iman yang benar kepada Tuhan. Tidak mendisiplin anak akan merugikan sang anak, karena ia bisa hidup jauh dari Tuhan, tidak takut akan Tuhan, dan bisa melakukan hal-hal yang jahat. Bila Anda telah berkeluarga dan Anda memiliki anak, apakah Anda telah melaksanakan tanggung jawab Anda untuk mendidik anak Anda?