Bacaan Alkitab dan Renungan Gema

本日经文读经运动



Bacaan Alkitab

Lukas 24:1-12

1  tetapi pagi-pagi benar pada hari pertama minggu itu mereka pergi ke kubur membawa rempah-rempah yang telah disediakan mereka.
2  Mereka mendapati batu sudah terguling dari kubur itu,
3  dan setelah masuk mereka tidak menemukan mayat Tuhan Yesus.
4  Sementara mereka berdiri termangu-mangu karena hal itu, tiba-tiba ada dua orang berdiri dekat mereka memakai pakaian yang berkilau-kilauan.
5  Mereka sangat ketakutan dan menundukkan kepala, tetapi kedua orang itu berkata kepada mereka: “Mengapa kamu mencari Dia yang hidup, di antara orang mati?
6  Ia tidak ada di sini, Ia telah bangkit. Ingatlah apa yang dikatakan-Nya kepada kamu, ketika Ia masih di Galilea,
7  yaitu bahwa Anak Manusia harus diserahkan ke tangan orang-orang berdosa dan disalibkan, dan akan bangkit pada hari yang ketiga.”
8  Maka teringatlah mereka akan perkataan Yesus itu.
9  Dan setelah mereka kembali dari kubur, mereka menceriterakan semuanya itu kepada kesebelas murid dan kepada semua saudara yang lain.
10  Perempuan-perempuan itu ialah Maria dari Magdala, dan Yohana, dan Maria ibu Yakobus. Dan perempuan-perempuan lain juga yang bersama-sama dengan mereka memberitahukannya kepada rasul-rasul.
11  Tetapi bagi mereka perkataan-perkataan itu seakan-akan omong kosong dan mereka tidak percaya kepada perempuan-perempuan itu.
12  Sungguhpun demikian Petrus bangun, lalu cepat-cepat pergi ke kubur itu. Ketika ia menjenguk ke dalam, ia melihat hanya kain kapan saja. Lalu ia pergi, dan ia bertanya dalam hatinya apa yang kiranya telah terjadi.


Renungan GEMA

Kristus Bangkit

GI Wirawaty Yaputri

Sangat menarik untuk diperhatikan bahwa yang pertama kali mendengar berita tentang kebangkitan Kristus adalah kaum perempuan. Pada zaman itu, kesaksian kaum perempuan tidak terlalu dipercaya–sehingga kurang diperhatikan–karena derajat sosial mereka dianggap lebih rendah daripada derajat kaum pria. Namun, kaum perempuan justru menjadi kelompok pertama yang mendengar dan menjadi saksi tentang kebangkitan Kristus. Setelah malaikat memberi tahu mereka tentang kebangkitan Kristus, Tuhan Yesus sendiri langsung menampakkan diri kepada mereka (24:1-10; lihat juga Matius 28:9). Dalam Yohanes 20:13-16, tercatat bahwa Tuhan Yesus menampakkan diri secara khusus kepada Maria Magdalena. Perempuan-perempuan tersebut di atas bisa mendengar dan menyaksikan Kristus yang bangkit karena Allah memberikan hak istimewa itu kepada mereka. Hal ini mengingatkan kita pada peristiwa saat Allah memberikan hak istimewa kepada para gembala yang sederhana untuk mendengar berita tentang kelahiran Yesus Kristus. Jadi, baik profesi gembala maupun gender perempuan–yang sering dipandang remeh di mata manusia–ternyata dipandang berharga di mata Allah. Para perempuan dalam bacaan Alkitab hari ini melayani Kristus dengan tulus di balik layar. Mereka percaya kepada firman Allah yang disampaikan kepada mereka (24:5-10; bandingkan dengan 2:8-20). Sebaliknya, murid-murid yang sekian lama bersama-sama dengan Tuhan Yesus–mendengar dan menyaksikan sendiri perbuatan dan pengajaran Yesus Kristus–justru tidak percaya (24:11). Walaupun mereka turut mengambil bagian dalam pelayanan bersama dengan Yesus Kristus, mereka tidak memercayai kebangkitan Kristus sebelum melihat sendiri. Sungguh amat ironis!

Dalam pemeliharaan Allah, berita kebangkitan yang disampaikan terlebih dahulu kepada para perempuan telah menjadi bukti yang mematahkan isu yang disebar oleh imam-imam kepala dan tua-tua Yahudi saat itu. Mereka menyogok para serdadu untuk menyebarkan isu bahwa para murid telah mencuri mayat Yesus Kristus (Matius 28:11-15). Kebohongan mereka terpatahkan karena para perempuan itu bukan hanya melihat kubur yang kosong, tetapi juga berjumpa dengan Kristus yang telah bangkit! Apakah Anda sudah meyakini bahwa Kristus benar-benar telah bangkit dari kubur-Nya?