Bacaan Alkitab dan Renungan Gema

本日经文读经运动



Bacaan Alkitab

Lukas 24:36-53

36  Dan sementara mereka bercakap-cakap tentang hal-hal itu, Yesus tiba-tiba berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata kepada mereka: “Damai sejahtera bagi kamu!”
37  Mereka terkejut dan takut dan menyangka bahwa mereka melihat hantu.
38  Akan tetapi Ia berkata kepada mereka: “Mengapa kamu terkejut dan apa sebabnya timbul keragu-raguan di dalam hati kamu?
39  Lihatlah tangan-Ku dan kaki-Ku: Aku sendirilah ini; rabalah Aku dan lihatlah, karena hantu tidak ada daging dan tulangnya, seperti yang kamu lihat ada pada-Ku.”
40  Sambil berkata demikian, Ia memperlihatkan tangan dan kaki-Nya kepada mereka.
41  Dan ketika mereka belum percaya karena girangnya dan masih heran, berkatalah Ia kepada mereka: “Adakah padamu makanan di sini?”
42  Lalu mereka memberikan kepada-Nya sepotong ikan goreng.
43  Ia mengambilnya dan memakannya di depan mata mereka.
44  Ia berkata kepada mereka: “Inilah perkataan-Ku, yang telah Kukatakan kepadamu ketika Aku masih bersama-sama dengan kamu, yakni bahwa harus digenapi semua yang ada tertulis tentang Aku dalam kitab Taurat Musa dan kitab nabi-nabi dan kitab Mazmur.”
45  Lalu Ia membuka pikiran mereka, sehingga mereka mengerti Kitab Suci.
46  Kata-Nya kepada mereka: “Ada tertulis demikian: Mesias harus menderita dan bangkit dari antara orang mati pada hari yang ketiga,
47  dan lagi: dalam nama-Nya berita tentang pertobatan dan pengampunan dosa harus disampaikan kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem.
48  Kamu adalah saksi dari semuanya ini.
49  Dan Aku akan mengirim kepadamu apa yang dijanjikan Bapa-Ku. Tetapi kamu harus tinggal di dalam kota ini sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi.”
50  Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka.
51  Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga.
52  Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita.
53  Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.


Renungan GEMA

Bukan Hantu

GI Wirawaty Yaputri

Murid-murid sangat terkejut dan takut ketika melihat Tuhan Yesus tiba-tiba muncul di tengah-tengah mereka (24:36-37). Padahal, saat itu, semua pintu dalam keadaan terkunci (lihat Yohanes 20:19). Mereka pasti mengira bahwa Tuhan Yesus telah menjadi hantu! Kebangkitan tubuh dari seseorang yang sudah mati adalah sesuatu yang tidak masuk akal. Bagaimana mungkin tubuh yang sudah dikuburkan dan mulai membusuk dapat bangkit dan pulih kembali? Namun, masalah kebangkitan tubuh inilah yang diajarkan oleh firman Tuhan dan yang telah disaksikan oleh para murid pada waktu itu. Tuhan Yesus telah bangkit dan Ia bukan hantu! Dia memiliki tubuh fisik yang berdaging dan bertulang, bahkan Ia bisa makan (24:39-43). Namun, hal itu tidak berarti bahwa tubuh kemuliaan yang dikenakan setelah kebangkitan sama persis dengan tubuh fisik sebelum kematian. Perbedaannya, tubuh kemuliaan itu sudah tidak bisa sakit dan rusak atau merosot.

Tuhan Yesus menegur murid-murid yang meragukan kebangkitan-Nya. Mereka ragu-ragu karena mereka tidak memahami tentang kebangkitan Yesus Kristus. Oleh karena itu, Tuhan Yesus menjelaskan kepada mereka tentang apa yang diajarkan Kitab Suci–Perjanjian Lama–tentang kebangkitan-Nya. Ia membuka pikiran mereka sehingga akhirnya mereka mengerti (24:44-47). Kemudian, Tuhan Yesus lalu menetapkan mereka sebagai saksi atas kebangkitan-Nya. Mereka harus memberitakan pertobatan dan pengampunan dosa di dalam Nama-Nya kepada segala bangsa, mulai dari Yerusalem (24:47-48). Tuhan Yesus telah bangkit dan mengalahkan maut! Kepada-Nya telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Dengan kuasa tersebut, Tuhan Yesus mengutus kita untuk pergi menjadikan semua bangsa sebagai murid Kristus dengan cara mengajarkan segala sesuatu yang telah Dia perintahkan kepada kita di dalam firman-Nya (Matius 28:18-20).

Murid-murid berubah secara radikal setelah mereka menyaksikan kebangkitan Yesus Kristus. Mereka tidak takut lagi dan tidak bersembunyi di ruangan terkunci. Mereka memperoleh sukacita dan mereka senantiasa beribadah kepada Allah di Bait Allah (24:52-53). Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sungguh-sungguh percaya kepada kebangkitan Kristus yang dapat memberikan sukacita dan keberanian kepada diri Anda?