Bacaan Alkitab
2 Tesalonika 2:13-17

13  Akan tetapi kami harus selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara, yang dikasihi Tuhan, sebab Allah dari mulanya telah memilih kamu untuk diselamatkan dalam Roh yang menguduskan kamu dan dalam kebenaran yang kamu percayai.
14  Untuk itulah Ia telah memanggil kamu oleh Injil yang kami beritakan, sehingga kamu boleh memperoleh kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita.
15  Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.
16  Dan Ia, Tuhan kita Yesus Kristus, dan Allah, Bapa kita, yang dalam kasih karunia-Nya telah mengasihi kita dan yang telah menganugerahkan penghiburan abadi dan pengharapan baik kepada kita,
17  kiranya menghibur dan menguatkan hatimu dalam pekerjaan dan perkataan yang baik.


Renungan GEMA
Roh Kudus Menguduskan
GI Purnama

Perlu kita sadari bahwa keselamatan itu bukan hanya berkaitan dengan hidup kekal yang dialami oleh orang percaya, tetapi juga berkaitan dengan proses pengudusan (2:13). Kita diselamatkan supaya kita meninggalkan dosa dan hidup kita dikhususkan atau diperuntukkan bagi Allah. Perubahan dari hidup dalam dosa menjadi hidup untuk melakukan kehendak Allah inilah yang disebut sebagai proses pengudusan. Proses pengudusan ini dikerjakan oleh Roh Kudus yang berdiam dalam diri setiap orang percaya. Dalam mengerjakan proses pengudusan, alat utama yang dipergunakan oleh Roh Kudus adalah kebenaran firman Allah. Roh Kudus memakai firman Allah untuk mengajar kita, mengoreksi kesalahan kita, memperbaiki hidup kita, dan mengarahkan hidup kita sehingga hidup kita menjadi makin sesuai dengan kehendak Allah (bandingkan dengan 2 Timotius 3:16). Oleh karena itu, setiap orang percaya yang memiliki kerinduan untuk menjalani kehidupan yang kudus harus bertekun dalam mendengar, membaca, mempelajari, dan merenungkan firman Allah. Merenungkan firman Allah berarti memikirkan penerapan firman Allah dalam kehidupan sehari-hari. Proses pengudusan ini akan menjadi lebih cepat atau lebih lancar bila kita tekun menghafalkan firman Allah, karena Roh Kudus akan memakai firman Allah yang kita hafalkan untuk mengoreksi dan memperbaiki hidup kita. Proses pengudusan ini pula yang membuat hidup kita bisa memancarkan kemuliaan Yesus Kristus, Tuhan kita (2 Tesalonika 2:14). Bila kita ingin mengalami proses pengudusan, kita perlu hidup dalam kebersamaan dengan saudara-saudara seiman yang tergabung dalam wadah gereja yang mengajarkan dan menerapkan firman Allah dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam aspek sosial.

Apakah selama ini, hidup Anda terus berubah menjadi semakin sesuai dengan kehendak Allah yang telah tertulis dalam firman-Nya? Apakah Anda setia dan tekun mengikuti Gerakan Membaca Alkitab (GeMA), sehingga Anda telah membaca seluruh isi Alkitab dan telah berusaha menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari? Bila Anda mengikuti program pembacaan Alkitab GeMA, setiap selesai mengikuti satu tahap, Anda telah selesai membaca seluruh Alkitab sekali. Apakah pembacaan dan perenungan Alkitab yang Anda lakukan telah menghasilkan perubahan dalam hidup Anda? Perubahan hidup inilah yang menandai bahwa Anda telah mengalami proses pengudusan!