Bacaan Alkitab
Yohanes 16:7-16

7  Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu.
8  Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman;
9  akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku;
10  akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi;
11  akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum.
12  Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.
13  Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.
14  Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.
15  Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.”
16  “Tinggal sesaat saja dan kamu tidak melihat Aku lagi dan tinggal sesaat saja pula dan kamu akan melihat Aku.”


Renungan GEMA
Roh Kudus Melanjutkan Karya Kristus
GI Purnama

Saat hendak menyerahkan nyawanya, Tuhan Yesus berkata, “Sudah selesai.” Apakah hal itu berarti bahwa karya penebusan sudah dinikmati oleh semua orang? Tidak! Yang sudah selesai adalah apa yang dikerjakan Kristus untuk menebus dosa manusia. Akan tetapi, yang bisa menikmati karya penebusan adalah orang yang percaya kepada Yesus Kristus dan karyanya. Supaya seseorang bisa percaya kepada Kristus, ia harus sadar bahwa dirinya berdosa, meyakini fakta bahwa Kristus telah mati untuk menebus dosa manusia, lalu datang kepada Kristus untuk menerima penebusan dosa yang akan membebaskan dirinya dari penghakiman Allah. Roh Kudus-lah yang akan menginsafkan manusia mengenai dosanya, memimpin kepada seluruh kebenaran tentang penebusan Kristus, dan menumbuhkan keyakinan bahwa penebusan itu membuat kita tidak perlu takut terhadap penghakiman Allah (bandingkan dengan 16:8).

Roh Kudus pula yang memimpin pemberitaan Injil. Kristus-lah yang menjadi Kepala atau Pemimpin gereja. Akan tetapi, Roh Kudus-lah yang melaksanakan kepemimpinan dalam gereja. Ketiga Pribadi dari Allah Tritunggal–Allah Bapa, Yesus Kristus, Roh Kudus–tidak bisa dipisah-pisahkan, baik dalam penciptaan maupun dalam pemeliharaan alam semesta ini. Dalam Kisah Para Rasul 8, seorang malaikat Tuhan menyampaikan perintah kepada Filipus–yang saat itu sedang memberitakan Injil di Samaria–untuk mendatangi seorang sida-sida dari Etiopia–yang sedang berada dalam perjalanan pulang dari Yerusalem ke negerinya. Setelah Filipus selesai menjelaskan tentang Yesus Kristus kepada sida-sida itu, dan sida-sida itu dibaptiskan, Roh Tuhan–atau Roh Kudus–tiba-tiba melarikan Filipus, lalu menempatkan Filipus di Asdod, dan Filipus memberitakan Injil di sepanjang perjalanan dari sana ke tempat tinggalnya di Kaisarea (Kisah Para Rasul 8:26,39,40). Dalam perjalanan misi Rasul Paulus pun kita dapat membaca bagaimana Roh Kudus ikut mengatur perjalanan itu (Kisah Para Rasul 16:6). Oleh karena itu, kita bisa mengatakan bahwa Roh Kudus melanjutkan karya penebusan Kristus, sehingga manfaat penebusan itu bisa dinikmati oleh orang yang percaya kepada Kristus. Apakah Anda pun juga telah ikut serta melanjutkan karya Kristus di kayu salib itu dengan ikut aktif mengikuti pimpinan Roh Kudus untuk memberitakan Injil?