Bacaan Alkitab
Yeremia 20

1  Pasyhur bin Imer, imam yang pada waktu itu menjabat kepala di rumah TUHAN, mendengar Yeremia menubuatkan perkataan-perkataan itu.
2  Lalu Pasyhur memukul nabi Yeremia dan memasungkan dia di pintu gerbang Benyamin yang ada di atas rumah TUHAN.
3  Tetapi ketika Pasyhur keesokan harinya mengeluarkan Yeremia dari pasungan itu, berkatalah Yeremia kepadanya: “TUHAN akan menyebut namamu bukan Pasyhur, melainkan Kegentaran-dari-segala-jurusan.
4  Sebab beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku akan membuat engkau menjadi kegentaran bagimu sendiri dan bagi semua sahabatmu; mereka akan rebah mati oleh pedang musuhnya di depan matamu sendiri. Dan seluruh Yehuda akan Kuserahkan ke dalam tangan raja Babel yang akan mengangkut mereka ke dalam pembuangan ke Babel dan memukul mati mereka dengan pedang.
5  Juga harta benda kota ini, segala hasil jerih payahnya, segala barangnya yang berharga dan segala barang perbendaharaan raja-raja Yehuda akan Kuserahkan ke dalam tangan musuhnya, yang akan menjarah, mengumpulkan dan membawa semuanya itu ke Babel.
6  Mengenai engkau, hai Pasyhur, dan semua orang yang diam di rumahmu, kamu akan diangkut tertawan; engkau akan sampai ke Babel dan akan mati di sana dan akan dikuburkan di sana: engkau ini dengan semua sahabatmu yang kepadanya engkau telah bernubuat palsu.”
7  Engkau telah membujuk aku, ya TUHAN, dan aku telah membiarkan diriku dibujuk; Engkau terlalu kuat bagiku dan Engkau menundukkan aku. Aku telah menjadi tertawaan sepanjang hari, semuanya mereka mengolok-olokkan aku.
8  Sebab setiap kali aku berbicara, terpaksa aku berteriak, terpaksa berseru: “Kelaliman! Aniaya!” Sebab firman TUHAN telah menjadi cela dan cemooh bagiku, sepanjang hari.
9  Tetapi apabila aku berpikir: “Aku tidak mau mengingat Dia dan tidak mau mengucapkan firman lagi demi nama-Nya”, maka dalam hatiku ada sesuatu yang seperti api yang menyala-nyala, terkurung dalam tulang-tulangku; aku berlelah-lelah untuk menahannya, tetapi aku tidak sanggup.
10  Aku telah mendengar bisikan banyak orang: “Kegentaran datang dari segala jurusan! Adukanlah dia! Kita mau mengadukan dia!” Semua orang sahabat karibku mengintai apakah aku tersandung jatuh: “Barangkali ia membiarkan dirinya dibujuk, sehingga kita dapat mengalahkan dia dan dapat melakukan pembalasan kita terhadap dia!”
11  Tetapi TUHAN menyertai aku seperti pahlawan yang gagah, sebab itu orang-orang yang mengejar aku akan tersandung jatuh dan mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka akan menjadi malu sekali, sebab mereka tidak berhasil, suatu noda yang selama-lamanya tidak terlupakan!
12  Ya TUHAN semesta alam, yang menguji orang benar, yang melihat batin dan hati, biarlah aku melihat pembalasan-Mu terhadap mereka, sebab kepada-Mulah kuserahkan perkaraku.
13  Menyanyilah untuk TUHAN, pujilah TUHAN! Sebab ia telah melepaskan nyawa orang miskin dari tangan orang-orang yang berbuat jahat.
14  Terkutuklah hari ketika aku dilahirkan! Biarlah jangan diberkati hari ketika ibuku melahirkan aku!
15  Terkutuklah orang yang membawa kabar kepada bapaku dengan mengatakan: “Seorang anak laki-laki telah dilahirkan bagimu!” yang membuat dia bersukacita dengan sangat.
16  Terjadilah kepada hari itu seperti kepada kota-kota yang ditunggangbalikkan TUHAN tanpa belas kasihan! Didengarnyalah kiranya teriakan pada waktu pagi dan hiruk-pikuk pada waktu tengah hari!
17  Karena hari itu tidak membunuh aku selagi di kandungan, sehingga ibuku menjadi kuburanku, dan ia mengandung untuk selamanya!
18  Mengapa gerangan aku keluar dari kandungan, melihat kesusahan dan kedukaan, sehingga hari-hariku habis berlalu dalam malu?

Yeremia 21:1-10

1  Firman yang datang dari TUHAN kepada Yeremia, ketika raja Zedekia mengutus Pasyhur bin Malkia dan imam Zefanya bin Maaseya kepadanya dengan pesan:
2  “Tanyakanlah kiranya petunjuk TUHAN untuk kami, sebab Nebukadnezar, raja Babel, memerangi kami! Barangkali TUHAN mau melakukan kepada kami tepat seperti perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib, sehingga Nebukadnezar mundur meninggalkan kami.”
3  Kata Yeremia kepada mereka: “Beginilah kamu katakan kepada Zedekia:
4  Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Sesungguhnya, Aku akan membalikkan senjata perang yang kamu pegang, yang kamu pakai berperang melawan raja Babel dan melawan orang-orang Kasdim yang mengepung kamu dari luar tembok; Aku akan mengumpulkannya ke dalam kota ini.
5  Aku sendiri akan berperang melawan kamu dengan tangan yang teracung, dengan lengan yang kuat, dengan murka, dengan kehangatan amarah dan dengan kegusaran yang besar.
6  Aku akan memukul penduduk kota ini, baik manusia maupun binatang; mereka akan mati oleh penyakit sampar yang hebat.
7  Sesudah itu, demikianlah firman TUHAN, maka Zedekia, raja Yehuda, dan pegawai-pegawainya dan rakyat di kota ini, yang masih tinggal hidup dari penyakit sampar, dari pedang dan dari kelaparan, akan Kuserahkan ke dalam tangan Nebukadnezar, raja Babel, yaitu ke dalam tangan musuh mereka yang berusaha mencabut nyawa mereka; orang akan memukul mati mereka dengan mata pedang tanpa merasa sayang, tanpa belas kasihan dan tanpa ampun.
8  Tetapi kepada bangsa ini haruslah kaukatakan: Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku menghadapkan kepada kamu jalan kehidupan dan jalan kematian.
9  Siapa yang tinggal di kota ini akan mati karena pedang, karena kelaparan dan karena penyakit sampar; tetapi siapa yang keluar dari sini dan menyerahkan diri kepada orang-orang Kasdim yang mengepung kamu, ia akan tetap hidup; nyawanya akan menjadi jarahan baginya.
10  Sebab Aku telah menentang kota ini untuk mendatangkan kecelakaan dan bukan untuk mendatangkan keberuntungannya, demikianlah firman TUHAN. Kota ini akan diserahkan ke dalam tangan raja Babel yang akan membakarnya habis dengan api.”


Renungan GEMA
Kasih dan Keadilan Allah
GI Jokhana

Bacaan Alkitab hari ini:
Yeremia 20:1-21:10

Bacaan Alkitab hari ini memasuki fase klimaks dari sejarah umat Yehuda, dengan makin dekatnya pelaksanaan hukuman Tuhan atas dosa dan kekerasan hati mereka yang tidak mau bertobat. Pasal 20 ini dimulai dengan catatan tentang tindakan Imam Kepala Bait Allah–Pasyhur bin Imer–yang bukan hanya tidak menjadi contoh dalam hal pertobatan, melainkan dia malah menghajar Nabi Yeremia dengan maksud membungkam sang nabi. Yang lebih keterlaluan, ternyata Pashyur melakukan hal itu bukan atas inisiatif pribadi, tetapi karena diperintah oleh Raja Zedekia. Setelah menyiksa Nabi Yeremia di pasal 20, Pashyur kembali diutus di pasal 21, kali ini untuk memohon bantuan Tuhan dalam menghadapi Raja Nebukadnezar. Sungguh, kelakuan Pasyhur dan Raja Zedekia itu merupakan sikap yang tidak tahu malu dan tidak tahu diri, sekaligus memperlihatkan karakter orang-orang yang dihadapi Nabi Yeremia kala itu!

Bagaimana respons Nabi Yeremia saat menghadapi kondisi di atas? Sebagai manusia biasa, tentu saja Nabi Yeremia merasa tertekan dan frustrasi. Pasal 20:7-8 dengan jelas menggambarkan suasana batin Nabi Yeremia. Bagaimana Allah merespons peristiwa di atas? Pertama, Allah menguatkan Nabi Yeremia agar tabah dan sanggup berdiri teguh (20:9-13). Tuhan bukan hanya Sang Tuan yang mengutus, tetapi juga Rekan yang menghibur! Kedua, Tuhan dengan tegas mengumumkan bahwa Pasyhur dan seluruh keluarganya akan ditawan dan mati di Babel (20:6). Raja Zedekia juga akan diserahkan ke dalam tangan Raja Nebukadnezar, raja Babel. (21:7). 2 Raja-raja 25:7 memberi penjelasan bahwa Zedekia akan dipaksa melihat anak-anaknya di sembelih di depan matanya. Kemudian, mata Zedekia dibutakan, lalu dia dibuang ke Babel. Jelas bahwa Tuhan membela Nabi Yeremia yang merupakan orang benar serta menghukum orang yang berbuat tidak benar, yaitu Pasyhur–sang imam kepala, serta Zedekia–sang raja Yehuda.

Allah adalah Bapa yang baik, sekaligus Hakim yang adil. Ia memiliki hati yang penuh belas kasihan dan pengampunan terhadap orang yang mau bertobat, tetapi hati-Nya geram terhadap orang berdosa yang mengeraskan hati. Apakah Anda mengenal Allah secara seimbang? Sadarkah Anda bahwa walaupun Allah itu penuh kasih, Ia pasti menghukum orang yang terus-menerus berbuat dosa!

 


Renungan GeMA
Website: http://gky.or.id/

Refleksi GeMA
Instagram: https://www.instagram.com/gerejakristusyesus/
Spotify: https://open.spotify.com/show/41oX35XXNm06sPLxehtAbU
Facebook: https://www.facebook.com/gkysinode