Bacaan Alkitab
Yeremia 35

1  Firman yang datang dari TUHAN kepada Yeremia di zaman Yoyakim bin Yosia, raja Yehuda, bunyinya:
2  “Pergilah kepada kaum orang Rekhab, bicaralah dengan mereka dan bawalah mereka ke rumah TUHAN, ke dalam salah satu kamar, kemudian berilah mereka minum anggur!”
3  Maka aku menjemput Yaazanya bin Yeremia bin Habazinya beserta saudara-saudaranya dan semua anaknya, pendeknya segenap kaum orang Rekhab.
4  Aku membawa mereka ke rumah TUHAN, ke dalam kamar anak-anak Hanan bin Yigdalya, abdi Allah; itulah kamar yang di sebelah kamar para pembesar, di atas kamar Maaseya bin Salum, penjaga pintu.
5  Di depan anggota-anggota kaum orang Rekhab itu aku meletakkan piala-piala penuh anggur dan cawan-cawan, lalu aku berkata kepada mereka: “Silakan minum anggur!”
6  Tetapi mereka menjawab: “Kami tidak minum anggur, sebab Yonadab bin Rekhab, bapa leluhur kami, telah memberi perintah kepada kami, katanya: Janganlah kamu atau anak-anakmupun minum anggur sampai selama-lamanya;
7  janganlah kamu mendirikan rumah, janganlah kamu menabur benih; janganlah kamu membuat atau mempunyai kebun anggur, melainkan haruslah kamu diam di kemah-kemah selama hidupmu, supaya lama kamu hidup di tanah, di mana kamu tinggal sebagai orang asing!
8  Kami mentaati suara Yonadab bin Rekhab, bapa leluhur kami dalam segala apa yang diperintahkannya kepada kami, agar kami tidak minum anggur selama hidup kami, yakni kami sendiri, isteri kami, anak-anak lelaki dan anak-anak perempuan kami;
9  agar kami tidak mendirikan rumah-rumah untuk kami diami, tidak mempunyai kebun anggur atau ladang serta benih,
10  melainkan kami diam di kemah-kemah dan taat melakukan tepat seperti yang diperintahkan kepada kami oleh Yonadab, bapa leluhur kami.
11  Tetapi ketika Nebukadnezar, raja Babel, bergerak maju melawan negeri ini, maka kami berkata: Marilah kita mengungsi ke Yerusalem, karena tentara orang Kasdim dan tentara orang Aram itu! Demikianlah kami diam di Yerusalem.”
12  Pada waktu itu datanglah firman TUHAN kepada Yeremia, bunyinya:
13  “Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Pergilah dan katakanlah kepada orang Yehuda dan kepada penduduk Yerusalem: Tidakkah kamu mau menerima penghajaran, yaitu mendengarkan perkataan-perkataan-
14  Memang perintah Yonadab bin Rekhab itu masih ditepati; ia telah memerintahkan kepada keturunannya, supaya mereka jangan minum anggur, dan sampai sekarang ini mereka tidak meminumnya, sebab mereka mendengarkan perintah bapa leluhur mereka. Aku sendiri telah berbicara kepada kamu, terus-menerus, tetapi kamu tidak mendengarkan Aku.
15  Aku telah mengutus kepadamu segala hamba-Ku, yakni para nabi, terus-menerus, mengatakan: Kembalilah kamu masing-masing dari tingkah langkahmu yang jahat itu, perbaikilah perbuatanmu, janganlah mengikuti allah lain untuk beribadah kepada mereka, maka kamu akan tetap diam di tanah yang telah Kuberikan kepadamu dan kepada nenek moyangmu. Tetapi kamu tidak mau memperhatikannya dan kamu tidak mau mendengarkan Aku.
16  Sungguh, keturunan Yonadab bin Rekhab menepati perintah yang diberikan bapa leluhurnya kepada mereka, tetapi bangsa ini tidak mau mendengarkan Aku!
17  Sebab itu beginilah firman TUHAN, Allah semesta alam, Allah Israel: Sesungguhnya, Aku mendatangkan kepada Yehuda dan kepada segenap penduduk Yerusalem segala malapetaka yang Kuancamkan atas mereka; karena Aku telah berbicara kepada mereka, tetapi mereka tidak mau mendengarkan, dan Aku telah berseru kepada mereka, tetapi mereka tidak mau menjawab.”
18  Tetapi berkatalah Yeremia kepada kaum orang Rekhab: “Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Oleh karena kamu telah mendengarkan perintah Yonadab, bapa leluhurmu, telah berpegang pada segala perintahnya dan telah melakukan tepat seperti yang diperintahkannya kepadamu,
19  maka beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Keturunan Yonadab bin Rekhab takkan terputus melayani Aku sepanjang masa.”


Renungan GEMA
Setialah kepada Tuhan! (1)
GI Jokhana

Para tuan yang melanggar janji di pasal 34 sangat kontras dengan kaum orang Rekhab yang sangat setia memelihara janji. Komunitas orang Rekhab adalah orang Keni keturunan Hamat (1 Tawarikh 2:55). Kemungkinan, mereka hidup di antara bangsa Israel melalui perantaraan Yitro, ayah mertua Musa (bandingkan dengan Hakim-hakim 1:16). Dalam bacaan Alkitab hari ini, Nabi Yeremia mengunjungi komunitas orang Rekhab dan membawa mereka ke Bait Suci, lalu memberi mereka minum anggur. Namun, mereka menolak. Mereka menjelaskan bahwa salah seorang nenek moyang mereka, yaitu Yonadab bin Rekhab, telah memerintahkan keturunannya agar tidak minum anggur. Yonadab bin Rekhab adalah seorang terkemuka yang pernah diajak oleh Yehu untuk menaiki keretanya, saat Yehu melaksanakan perintah Allah untuk menumpas keturunan Ahab (2 Raja-raja 10:15-17). Kebiasaan berpantang minum anggur atau produk anggur ini mengingatkan kita pada pantangan orang nazir (Bilangan 6:2-3). Walaupun bukan orang nazir, orang Rekhab berpantang anggur selama beberapa generasi.

Orang Rekhab dengan setia mematuhi perintah nenek moyang mereka, tetapi orang Yehuda dan penduduk Yerusalem tidak mau menaati perintah Tuhan, padahal Tuhan telah berulang kali berbicara kepada mereka. Tuhan berkali-kali mendesak mereka untuk bertobat, mengubah pikiran dan tindakan mereka, serta berhenti menyembah berhala. Jika mereka melakukannya, mereka dapat terus tinggal di tanah yang telah diberikan Tuhan kepada mereka. Akan tetapi, mereka menolak untuk mendengarkan Tuhan. Tuhan telah menggunakan orang Rekhab sebagai kontras terhadap sikap Yehuda. Orang Rekhab patuh kepada nenek moyang mereka yang bisa salah, sedangkan Tuhan tidak bisa salah. Yonadab bin Rekhab memberi perintah hanya sekali, sedangkan Tuhan berulang kali memberi perintah kepada orang Yehuda. Pembatasan yang mengikat orang Rekhab tidak berurusan dengan masalah kekal, sedangkan pesan Tuhan kepada umat-Nya memiliki nilai kekal. Orang Rekhab mematuhi perintah Yonadab bin Rekhab selama beberapa ratus tahun, tetapi umat Tuhan terus menerus tidak menaati Tuhan. Tuhan menginginkan orang yang setia kepada-Nya. Orang yang setia akan mengalami berkat Tuhan, termasuk saat menghadapi pencobaan. Apakah Anda setia kepada Tuhan?

 


Renungan GeMA
Website: http://gky.or.id/

Refleksi GeMA
Instagram: https://www.instagram.com/gerejakristusyesus/
Spotify: https://open.spotify.com/show/41oX35XXNm06sPLxehtAbU
Facebook: https://www.facebook.com/gkysinode