Bacaan Alkitab
Yeremia 49:1-22

1  Mengenai bani Amon. Beginilah firman TUHAN: “Tidak adakah anak Israel, tidak adakah ahli warisnya? Mengapakah dewa Milkom memiliki Gad, dan bangsanya mendiami kota-kotanya?
2  Sebab itu, sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan memperdengarkan tempik sorak peperangan terhadap Raba bani Amon. Kota itu akan menjadi anak bukit yang tandus, dan kota-kota jajahannya akan dibakar dengan api; maka Israel akan memiliki orang-orang yang dahulu memilikinya, firman TUHAN.
3  Merataplah, hai Hesybon, sebab pembinasa telah maju menyerbu, berteriaklah, hai puteri-puteri Raba, kenakanlah kain kabung, berkabunglah, berjalan kelilinglah dengan luka toreh-torehan, sebab Milkom akan pergi ke dalam pembuangan bersama-sama dengan para imam dan pemuka-pemukanya.
4  Betapa engkau memegahkan dirimu dengan lembahmu, hai puteri yang congkak, yang percaya akan harta bendanya dan yang berkata: Siapakah yang berani datang menyerang aku?
5  Sesungguhnya, Aku mendatangkan kekejutan atasmu demikianlah firman Tuhan ALLAH semesta alam, dari segala tempat di sekitarmu, sehingga kamu bersorak-sorak, masing-masing ke arahnya sendiri, dan tidak ada yang mengumpulkan orang-orang yang mengembara itu.
6  Tetapi sesudah itu Aku akan memulihkan keadaan bani Amon itu, demikianlah firman TUHAN.”
7  Mengenai Edom. Beginilah firman TUHAN semesta alam: “Tidak adakah lagi kebijaksanaan di Teman? Sudah hilangkah pertimbangan dari orang-orang yang berakal budi, sudah busukkah kebijaksanaan mereka?
8  Larilah cepat, bersembunyilah dalam liang-liang, hai penduduk Dedan! Sebab malapetaka akan Kudatangkan atas Esau, pada waktu Aku menghukum dia.
9  Jika pemetik buah anggur datang kepadamu, mereka tidak akan meninggalkan sisa-sisa pemetikannya! Jika malam-malam pencuri datang kepadamu, mereka akan merusakkan sepuas-puasnya!
10  Tetapi Aku ini telah menelanjangi Esau, telah menyingkapkan tempat-tempat persembunyiannya, sehingga ia tidak dapat menyembunyikan diri lagi. Keturunannya telah binasa dan saudara-saudaranya dan bangsa-bangsa tetangganya tidak ada lagi.
11  Tinggalkanlah anak-anak yatimmu, aku akan menghidupi mereka; biarlah janda-jandamu menaruh kepercayaan padaku!”
12  Sebab beginilah firman TUHAN: “Sedangkan orang-orang yang tidak selayaknya meminum isi piala itu telah terpaksa meminumnya, masakan engkau ini akan bebas dari hukuman? Engkau tidak akan bebas dari hukuman, tetapi mesti meminumnya!
13  Sebab Aku telah bersumpah demi diri-Ku, demikianlah firman TUHAN, bahwa Bozra akan menjadi ketandusan, cela, keruntuhan dan kutuk, dan segala kotanya akan menjadi reruntuhan yang kekal.”
14  Suatu kabar telah kudengar dari TUHAN, seorang utusan telah disuruh ke tengah-tengah bangsa-bangsa: “Berkumpullah, pergilah menyerangnya, bersiaplah untuk bertempur!
15  Sebab sesungguhnya, Aku membuat engkau kecil di antara bangsa-bangsa, dihinakan di antara manusia.
16  Sikapmu yang menggemetarkan orang memperdayakan engkau, dan keangkuhan hatimu, ya engkau yang tinggal di liang-liang batu, yang menduduki tempat tinggi bukit! Sekalipun engkau membuat sarangmu tinggi seperti burung rajawali, Aku akan menurunkan engkau dari sana, demikianlah firman TUHAN.
17  Edom akan menjadi ketandusan; setiap orang yang melewatinya akan merasa ngeri dan bersuit karena segala pukulan yang dideritanya.
18  Seperti pada waktu ditunggangbalikkannya Sodom dan Gomora dan kota-kota tetangganya–firman TUHAN–maka seorangpun tidak akan diam lagi di sana dan seorang manusiapun tidak akan tinggal lagi di dalamnya.
19  Sesungguhnya, seperti singa yang bangkit keluar dari hutan belukar sungai Yordan mendatangi padang rumput tempat kawanan domba, demikianlah Aku akan membuat mereka lari dengan tiba-tiba dari negeri itu dan mengangkat di dalamnya dia yang Kupilih. Sebab siapakah yang seperti Aku? Siapakah yang berani mendakwa Aku? Siapakah gerangan gembala yang tahan menghadapi Aku?
20  Sebab itu dengarlah putusan yang telah diambil TUHAN terhadap Edom dan rancangan-rancangan yang telah dibuat-Nya terhadap penduduk Teman: Bahwa sesungguhnya, yang paling lemahpun di antara kawanan domba akan diseret. Bahwa sesungguhnya, padang rumput mereka sendiri akan merasa ngeri terhadap mereka.
21  Bumi akan goncang karena bunyi jatuhnya mereka; teriakan mereka akan terdengar bunyinya di Laut Teberau.
22  Sesungguhnya, ia naik terbang seperti burung rajawali, melayang dan mengembangkan sayapnya ke atas Bozra. Hati para pahlawan Edom pada waktu itu akan seperti hati perempuan yang sakit beranak.”


Renungan GEMA
Tuhan Membenci Kesombongan
GI Jokhana

Bangsa Amon tinggal di utara daerah Moab, di utara Sungai Arnon, dan di timur wilayah suku Gad dan Ruben. Namun, orang Amon telah mengambil alih beberapa wilayah Israel di seberang Sungai Yordan. Wilayah Amon meluas ke utara ke Sungai Yabok dan ke timur ke Padang Gurun Arab. Orang Amon adalah keturunan Lot. Amon dan Israel tidak bersahabat. Karena Amon telah mengambil alih wilayah yang telah Tuhan berikan kepada Israel, maka Tuhan akan menghancurkan kota-kota Amon, agar Israel bisa memiliki kembali apa yang telah diberikan Tuhan. Orang Amon akan meratapi kehancuran kota-kota mereka. Tuhan menghukum Amon karena mereka merampas tanah, menyembah berhala, dan menyombongkan sumber daya alamnya. Tuhan berjanji akan meneror orang Amon dengan musuh yang akan menyerang dari segala arah.

Teman adalah sebuah kota di wilayah Edom yang terkenal karena kebijaksanaan penduduknya. Namun, perilaku orang Edom ternyata tidak bijaksana. Orang Edom tinggal di sebelah tenggara Yehuda, di selatan Moab. Orang Edom adalah keturunan Esau, dan mereka bermusuhan dengan orang Israel. Melalui nubuat Nabi Yeremia, Tuhan berjanji bahwa orang Edom pasti tidak akan bebas dari hukuman. Bozra—ibu kota dan kota utama di Edom Utara—akan menjadi reruntuhan yang mengerikan dan memalukan (49:13). Edom telah menipu dirinya sendiri dengan berpikir bahwa negara lain akan takut terhadap Edom yang tinggal di lokasi yang sulit untuk diserang (49:16). Tuhan akan menghakimi Edom karena Edom membanggakan dirinya sendiri, dan karena rasa percaya dirinya itu keliru.

Raja Nebukadnezar menggenapi penghakiman yang diberitakan dalam nubuat ini. Seperti Moab dan Amon, Edom berkomplot melawan Babel. Namun, akhirnya Edom ditaklukkan dan diangkut ke Babel pada tahun 605 BC. Orang Edom membantu Babel menyerang Yehuda pada tahun 588-586 BC. Akhirnya, orang Edom menetap di utara Hebron. Daerah ini kemudian dikenal sebagai Idumea. Herodes Agung adalah orang Idumea. Tuhan membenci penyembahan berhala, perampasan milik orang lain, dan kesombongan. Pernahkah Anda menyembah berhala atau menyusun siasat untuk merampas milik orang lain? Pernahkah Anda menyombongkan diri?

 


Renungan GeMA
Website: http://gky.or.id/

Refleksi GeMA
Instagram: https://www.instagram.com/gerejakristusyesus/
Spotify: https://open.spotify.com/show/41oX35XXNm06sPLxehtAbU
Facebook: https://www.facebook.com/gkysinode