Bacaan Alkitab
Amsal 9

1  Hikmat telah mendirikan rumahnya, menegakkan ketujuh tiangnya,
2  memotong ternak sembelihannya, mencampur anggurnya, dan menyediakan hidangannya.
3  Pelayan-pelayan perempuan telah disuruhnya berseru-seru di atas tempat-tempat yang tinggi di kota:
4  “Siapa yang tak berpengalaman, singgahlah ke mari”; dan kepada yang tidak berakal budi katanya:
5  “Marilah, makanlah rotiku, dan minumlah anggur yang telah kucampur;
6  buanglah kebodohan, maka kamu akan hidup, dan ikutilah jalan pengertian.”
7  Siapa mendidik seorang pencemooh, mendatangkan cemooh kepada dirinya sendiri, dan siapa mengecam orang fasik, mendapat cela.
8  Janganlah mengecam seorang pencemooh, supaya engkau jangan dibencinya, kecamlah orang bijak, maka engkau akan dikasihinya,
9  berilah orang bijak nasihat, maka ia akan menjadi lebih bijak, ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah.
10  Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.
11  Karena oleh aku umurmu diperpanjang, dan tahun-tahun hidupmu ditambah.
12  Jikalau engkau bijak, kebijakanmu itu bagimu sendiri, jikalau engkau mencemooh, engkau sendirilah orang yang akan menanggungnya.
13  Perempuan bebal cerewet, sangat tidak berpengalaman ia, dan tidak tahu malu.
14  Ia duduk di depan pintu rumahnya di atas kursi di tempat-tempat yang tinggi di kota,
15  dan orang-orang yang berlalu di jalan, yang lurus jalannya diundangnya dengan kata-kata:
16  “Siapa yang tak berpengalaman, singgahlah ke mari”; dan kepada orang yang tidak berakal budi katanya:
17  “Air curian manis, dan roti yang dimakan dengan sembunyi-sembunyi lezat rasanya.”
18  Tetapi orang itu tidak tahu, bahwa di sana ada arwah-arwah dan bahwa orang-orang yang diundangnya ada di dalam dunia orang mati.


Renungan GEMA
Jangan Terbuai Iklan!
GI Fernandes Lim

Pada zaman ini, terjadi pergeseran pola transaksi jual beli. Dahulu, kita harus datang ke sebuah toko untuk membeli barang. Sekarang, kita bisa tetap berada di rumah dan tinggal ‘memainkan jari’ di handphone kita, dan barang yang kita beli bisa langsung dikirimkan. Tidak jarang terjadi penipuan dalam pembelanjaan online seperti pengiriman paket kosong. Pembelanjaan barang secara online harus dilakukan secara berhati-hati. Jangan biarkan diri Anda terbuai oleh iklan harga murah yang ternyata merupakan penipuan. Pasal sembilan adalah bagian akhir pembahasan tentang hikmat. Penulis mengajak pembaca untuk memilih jalan hidup berhikmat. Jangan terbuai oleh iklan jalan hidup yang bodoh: terlihat indah, tetapi sebenarnya menipu.

Jalan hidup yang berhikmat terlihat dari kematangan persiapan yang dilakukan, yaitu bangunan rumah yang indah dan megah dengan tujuh tiang serta persiapan pesta yang sempurna (9:1-3). Jalan hidup berhikmat juga digambarkan melalui usaha menjangkau pendengar (9:3-9). Orang yang hidup di jalan berhikmat adalah orang yang hidupnya penuh hikmat dan pengertian (9:10-12). Sebaliknya, orang yang hidup di jalan kebodohan digambarkan sebagai tidak memiliki persiapan karena ia tidak berpengalaman (9:13). Ia terlihat mengundang dengan kata-kata yang menggiurkan (9:17) tetapi hasilnya adalah kehidupan yang berantakan penuh penipuan (9:18).

Hidup mengikut Kristus adalah jalan hidup yang berhikmat. Tuhan Yesus menghendaki agar setiap pengikut-Nya percaya bahwa Dialah jalan yang benar yang membawa kehidupan. Semakin hari, hidup kita akan diubah menjadi makin serupa dengan Dia, dan hidup kita akan dipenuhi sukacita dari Tuhan Yesus yang berbeda dengan sukacita yang diberikan oleh dunia (Yohanes 15:11). Sebaliknya, orang yang hidup di jalan kebodohan atau jalan orang berdosa hanya tampaknya saja berbahagia dan penuh kenikmatan, padahal sebenarnya penuh kehampaan, bahkan sedang berada di tepi jurang kebinasaan. Walaupun kita sudah tahu bahwa mengikut Kristus adalah pilihan yang berhikmat, ternyata bahwa hidup mengikut Kristus setiap waktu itu tidak mudah karena kita memiliki kecenderungan berdosa dengan terus-menerus mengumbar nafsu. Saat ini, apakah ada ‘iklan’ mengenai jalan hidup berdosa yang sedang membuai diri Anda?

 


Renungan GeMA
Website: http://gky.or.id/

Refleksi GeMA
Instagram: https://www.instagram.com/gerejakristusyesus/
Spotify: https://open.spotify.com/show/41oX35XXNm06sPLxehtAbU
Facebook: https://www.facebook.com/gkysinode